Bimbingan Islam dalam mengembangkan potensi diri di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Fatma, Muthok (2008) Bimbingan Islam dalam mengembangkan potensi diri di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1102129_muthok_fatma]
Preview
Text (skripsi_1102129_muthok_fatma)
1102129_MUTHOK_FATMA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (911kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan Islam dalam potensi diri siswa yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, pengkajian bimbingan Islam dalam mengembangkan potensi anak cacat akan membantu mereka dalam menjalani hidup sehari-hari yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan beberapa metode untuk menghasilkan data antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji analisis non-statistik atau tidak menggunakan hitungan angka-angka. Langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikanya sesuai dengan permasalahan yang diteliti, kemudian data-data tersebut disusun dan dianalisis dengan metode analisis data.
Metode analisis data adalah jalan yang ditempuh untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan mengadakan perincian terhadap obyek ilmiah tertentu dengan jalan memilah-milah antara pengertian satu dengan yang lain guna memperoleh kejelasan mengenai halnya. Untuk mendukung hal tersebut, maka penulis dalam menganalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan beracuan pada pola pikir deduktif dan induktif. Metode deduktif yaitu pengambilan kesimpulan dengan benar dari pengetahuan yang bersifat umum ke khusus dan metode induktif yaitu pengambilan kesimpulan dari pengetahuan yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Dari hasil penelitian tersebut terdapat tiga kategori dalam bimbingan Islam tersebut yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa ABC Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang rukun iman, pemahaman tentang rukun Islam, dengan memberikan pemahaman tentang ajaran Islam tersebut dapat membentuk mereka dalam mengembangkan potensi spiritual dan dapat digunakan sebagai acuan dalam menjalani hidup mereka sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Potensi diri; Sekolah luar biasa; Bimbingan Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:37
Last Modified: 25 Jun 2020 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics