Pengelolaan zakat mal dari home industri konfeksi oleh Rumah Zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidul dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Mutoharoh, Mutoharoh (2008) Pengelolaan zakat mal dari home industri konfeksi oleh Rumah Zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidul dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_1102165_muthoharoh)
1102165_MUTOHAROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama: Mutoharoh (1102165) : Pengelolaan Zakat Mal Dari Home Industri Konfeksi Oleh Rumah Zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidul Dalam Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Kec. Adiwerna Kab. Tegal. Dalam Islam zakat mempunyai posisi yang sangat strategis, penting, dan menentukan baik dilihat dari sisi pembangunan maupun kesejahteraan umat. Diharapkan dengan kesadaran zakat tersebut mampu mengatasi kemiskinan, kemelaratan yaitu memberikan bantuan modal usaha warung kecil-kecilan, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Mengangkat harkat serta martabat manusia dan memperkecil jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, maka diperlukan adanya pengelolaan zakat secara profesional dan bertanggungjawab. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana pengelolaan zakat mal dari home industri konfeksi dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat di Desa Tembok Kidul Kec. Adiwerna Kab. Tegal, (2) Bagaimana pendekatan yang digunakan rumah zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama ranting Tembok Kidul dalam pemgelolaam zakat mal dari home industri konfeksi guna membangun kepercayaan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan atau melukiskan obyek permasalahan berdasarkan fakta. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis ini penulis gunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan zakat mal dari Home Industri Konfeksi oleh Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidul dilaksanakan pada satu tahun sekali dan model pendekatannya menggunakan tehnik door to door atau turba dari jam’iyah ke jam’iyah permusholla. Dan penelitian ada beberapa faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam pengelolaan zakat pada rumah zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidul dalam pendistribusiannya adalah tidak mengandalkan dari zakat mal saja akan tetapi dari hasil aset yang dimiliki oleh rumah zakat “serbaguna” Nahdlatul ‘Ulama Ranting Tembok Kidulseperti penyewaan tanah, tarub, mesin obras, dan koperasi berasyang setiap tahunnya menghasilkan lebih dari Rp. 2.000.000,-. Perolehan dana zakat dan aset-aset tersebut diberdayakan untuk gaji guru TPQ dan MDA, jaminan sosial seperti membantu masyarakat yang terkena bencana kebakaran rumah, bantuan modal usaha. Dan adapun faktor penghambatnya adalah dari masyarakat Desa Tembok Kidul tersebut masih banyak yang memiliki sifat individu dan egoisme sehingga dalam pendistribusian dan pemberdayaannya kurang maksimal. Akan tetapi dalam permasalahan tersebut masih bisa diatasi sedikit-sedikit, dan dalam permasalaham honor guru TPQ dan MDA ini masih berjalan dengan baik, karena pendidikan dan jaminan sosial merupakan program kerja yang diutamakan oleh rumah zakat “Serbaguna” Nahdlatul ‘ulama Ranting Tembok Kidul Kec. Adiwerna Kab. Tegal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorAffandi, YuyunNIDN2003066001
Thesis advisorMudhofi, M.NIDN2030086902
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Zakat mal; Home industri; Pemberdayaan ekonomi; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:50
Last Modified: 25 Jun 2020 02:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item