Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Pendidikan Prasekolah di RA Islam Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Anisah, Solikhatun (2013) Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Pendidikan Prasekolah di RA Islam Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111110_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111110_coverdll.pdf - Cover Image

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bab1.pdf]
Preview
Text
093111110_bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bab2.pdf]
Preview
Text
093111110_bab2.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bab3.pdf]
Preview
Text
093111110_bab3.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bab4.pdf]
Preview
Text
093111110_bab4.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bab5.pdf]
Preview
Text
093111110_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 093111110_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111110_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai Islam pada pendidikan prasekolah di RA (Raudlatul Athfal) IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penanaman nilai-nilai Islam pada pendidikan prasekolah; (2) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Islam di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Kendala-kendala dan upaya-upaya yang ditempuh oleh RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 dalam menanamkan nilai-nilai Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan mengenai apa yang ada. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Islam pada pendidikan prasekolah dapat diterapkan dengan cara mengkolaborasikan moral spiritual ke dalam bentuk kegiatan anak sehari-hari. Jadi nilai-nilai dan pengetahuan Islam digabungkan dengan program pelatihan dan pendidikan anak secara total. Pendidikan agama lebih difokuskan pada cara kehidupan dan perilaku islami dari pada pengajaran dan pembelajaran mengenai Islam sebagai salah satu bidang pelajaran.
Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Islam di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang sudah berjalan dengan baik. Karena di dalam pembelajarannya menggunakan materi dan metode yang disesuaikan dengan umur, perkembangan psikologis, serta kebutuhan spesifik anak. Materi yang diberikan diantaranya: nilai keimanan, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sosial. Sedangkan metode yang sesuai bagi anak prasekolah antara lain: metode pembiasaan, metode keteladanan, metode cerita (sirah).
Pada dasarnya keterbatasan waktu atau jam pelajaran, kurangnya sarana dan prasarana, terbatasnya media pembelajaran, perbedaan latar belakang keluarga setiap anak, dan lingkungan keluarga yang tidak kondusif menjadi kendala dalam menanamkan nilai-nilai Islam di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Dalam menghadapi kendala tersebut, para pendidik selalu menunjukkan sikap kasih sayang dan penuh kesabaran dalam membimbing anak, memberikan perhatian khusus bagi anak yang pasif di kelas, pendidik selalu mendorong anak untuk mengambil inisiatif sendiri dan memilih aktifitas yang disukainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Islam; Pendidikan Prasekolah; Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:49
Last Modified: 23 Dec 2013 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics