Fungsi keagamaan dan fungsi sosial Masjid Agung Demak: Analisis manajemen dakwah

Wulandari, Sri (2007) Fungsi keagamaan dan fungsi sosial Masjid Agung Demak: Analisis manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101005_Sri Wulandari.pdf]
Preview
Text
1101005_Sri Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menjelaskan Fungsi Keagamaan dan Fungsi Sosial Masjid Agung Demak dari sudut pandang Manajemen Dakwah. Khususnya untuk mengetahui kegiatan apa saja yang termasuk sebagai fungsi keagamaan dan fungsi sosial Masjid Agung Demak, mengetahui bagaimana pengelolaan kegiatan-kegiatan yang merupakan fungsi keagamaan dan sosial Masjid Agung Demak, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan fungsi manajemen dakwah dalam melaksanakan fungsi keagamaan dan sosial Masjid Agung Demak.
Di sini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu data yang disajikan dalam bentuk verbal, bukan dalam bentuk angka. Data kata verbal yang beragam perlu diolah agar menjadi ringkas dan sistematis dimulai dari menuliskan observasi, wawancara, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi dan menyajikan Penelitian kualitatif tidak pernah mencari data atau bukti untuk membuktikan atau menguji hipotesis atau hipotesis-hipotesis yang diajukan sebelumnya. Umumnya peneliti mencari abstraksi-abstraksi yang disusun atau ditata secara khusus atas dasar data yang telah terkumpul dan dikelompokkan bersama-sama, melalui pengumpulan data selama proses kerja di lokasi penelitian.
Keagamaan merupakan sifat-sifat yang terdapat dalam agama dan segala sesuatu mengenai agama. Fungsi keagamaan adalah kegunaan sesuatu sifat/ perbuatan yang terdapat dalam agama. Karena agama merupakan sistem keyakinan yang dipunyai secara individual yang melibatkan emosi-emosi dan pemikiran-pemikiran yang sifatnya pribadi dan mewujudkan dalam tindakan-tindakan keagamaan yang sifatnya individu ataupun kelompok dan sosial yang melibatkan sebagian atau seluruh masyarakat.
Sosial adalah suatu yang berkaitan dengan masyarakat dan perlu adanya komunikasi, sosial merupakan hubungan seseorang individu dengan yang lainnya dari jenis yang sama atau dari sejumlah individu yang membentuk kelompok-kelompok yang terorganisasi baik itu scopnya kecil/besar dan kecenderungan berhubungan dengan yang lainnya. Dalam hal ini masjid mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan dari pihak masyarakat untuk berkecimpung dalam wadah organisasi, sehingga fungsi sosial masjid dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.
Fungsi Keagamaan dan Fungsi Sosial Masjid Agung Demak dapat terlihat pada pemanfaatan masjid sebagai tempat berbagai kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial yang dilaksanakan sesuai dengan program kerja takmir yang telah disusun. Fungsi keagamaan dapat dilihat pada penggunaan masjid sebagai tempat pelaksanaan shalat fardlu berjamaah, pelaksanaan shalat Jum’at, pelaksanan shalat Tarawih pada bulan Ramadhan, sebagai tempat lktikaf dan taklimiah. Sementara itu sebagai fungsi sosial Masjid Agung dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang berhubungan dengan keislaman. Kegiatan tersebut antara lain; pengadaan perpustakaan, pendidikan, sebagai tempat pengkhitanan, dan pengelolaan Zakat.
Proses dakwah Islam yang aktivitasnya meliputi segenap segi atau bidang kehidupan serta sangat kompleks persoalan-persoalan yang diahadapinya, akan dapat berjalan secara efektif dan efisien apabila dalam penyelenggaraanya senantiasa mempergunakan dan memanfaatkan prinsip-prinsip ilmu manajemen.
Dalam pemanfaatan dan penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam proses dakwah Islam, meskipun pendekatan dilakukan dari segi pandang ilmu manajemen, namun haruslah tetap dilandaskan pada prinsip-prinsip dakwah. Maka dengan manajemen yang efektif dan efisien akan mewujudkan kemakmuran masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; manajemen Dakwah; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:24
Last Modified: 20 May 2021 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics