Bimbingan penyuluhan agama Islam dan pengaruhnya terhadap keharmonisan keluarga : studi kasus jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Maskuri’ah, Riasari (2008) Bimbingan penyuluhan agama Islam dan pengaruhnya terhadap keharmonisan keluarga : studi kasus jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103007_riasari_maskuriah]
Preview
Text (skripsi_1103007_riasari_maskuriah)
1103007_RIASARI_MASKURIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Riasari Maskuri’ah (1103007) “Bimbingan Penyuluhan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus Jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal)” Fakultas Dakwah jurusan BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam ) IAIN Walisongo Semarang.
Kajian pada penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan menggambarkan tentang pengaruh bimbingan penyuluhan agama Islam terhadap keharmonisan keluarga pada jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui tentang metode dan materi yang tepat untuk diberikan kepada jama’ah dalam pembinaan dan pembentukan suatu keluarga yang harmonis (sakinah) dilimpahi mawaddah warraohamah.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan bimbingan penyuluhan agama Islam dan keharmonisan keluarga. Pada jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Dimana kerangka diskriptifnya terdapat upaya implementasi metode dan materi bimbingan penyuluhan agama Islam terhadap keharmonisan keluarga.
Subyek dalam penelitian ini adalah jama’ah “Pengajian Ahad Pagi Keluarga Sakinah” di Desa Sapen Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, yang berjumlah 50 orang dari 500 populasi secara random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Data diperoleh dari angket yang disebarkan kepada responden, berupa angket skala linkert.
Variabel bimbingan penyuluhan agama Islam dijabarkan dalam 47 item dan variabel keharmonisan keluarga dijabarkan dalam 40 item yang terdiri variabel dan unfavorable. Pengujian validitas menggunakan bantuan SPSS versi 11.0 for windows dengan validitas koefisien yang bergerak antara 0,2594 sampai 0,8468 untuk skala bimbingan penyuluhan agama Islam dan 0,2917 sampai 0,8175 untuk skala keharmonisan keluarga.
Penelitian ini mempergunakan analisis regresi satu predictor. Sedangkan dalam upaya implementasi kerangka materi mengenai pengaruh bimbingan penyuluhan agama Islam terhadap keharmonisan keluarga dengan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan penyuluhan agama Islam terhadap keharmonisan keluarga dengan angka korelasi yang menunjukkan (4,03). 2) Ada upaya panting dalam implementasi kerangka materi bimbingan penyuluhan agama Islam terhadap keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan penyuluhan agama Islam; Keharmonisan keluarga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:30
Last Modified: 25 Jun 2020 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics