Muatan dakwah dalam film Singa Karawang Bekasi

Dewi, Ratna Kumala (2007) Muatan dakwah dalam film Singa Karawang Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1101029_Ratna Kumala Dewi.pdf]
Preview
Text
1101029_Ratna Kumala Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah adalah suatu usaha untuk mempengaruhi, meyakinkan dan mengajak orang lain untuk mengikuti dan mengamalkan ajaran Islam dalam setiap kehidupan. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengajak orang lain untuk mengamalkan ajaran Islam adalah dengan media film. Film adalah salah satu betuk media yang di dalam menjalankan perannya mempunyai fungsi menyampaikan informasi dan mendidik masyarakat.
Film Singa Karawang Bekasi adalah salah satu film yang disutradarai oleh Nurul M. Berry yang menyampaikan informasi tentang perjuangan rakyat yang dipelopori oleh KH. Noer Ali untuk melawan penjajahan Belanda. Disamping sebagai film perjuangan, film Singa Karawang Bekasi juga menyajikan berbagai pesan moral yang layak untuk disampaikan kepada masyarakat, sebagai media pendidikan bagi masyarakat.
Dengan demikian kehadiran film Singa Karawang Bekasi disamping sebagai media pendidikan bagi masyarakat juga mengajak penontonnya untuk mengikuti dan melaksanakan ajaran Islam sebagaimana yang divisualisasikan dalam film tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif yaitu yang menggambarkan bagaimana dan dengan cara apa pesan-pesan itu disampaikan. Hal ini dipilih dengan harapan agar diketahui gambaran isi muatan dakwah yang disampaikan dalam film tersebut yang kemudian hasil dari penelitian ini penulis kategorikan menjadi tiga materi yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Film; Gambar Bergerak; Singa Karawang Bekasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:52
Last Modified: 26 Jul 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics