Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati

Shodiq, Shodiq (2012) Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Shodiq_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shodiq_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shodiq_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shodiq_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : untuk menjelaskan strategi pembinaan keagamaan siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, dan menganalisis faktorfaktor penghambat dan solusinya dalam pembinaan aktivitas keberagamaan siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan studi lapangan (field research) dengan pendekatan phenomenologis. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengambil obyek studi di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Dalam pengumpulan data, Strategi Pembinaan Keagamaan Siswa di SDN Tlogohraum 01 dan di SDN Trangkilan : Mengoptimalkan pembinaan aktifitas Keagamaan siswa di SDN Tlogohraum 01 dan di SDN Trangkilan. Mengoptimalkan penerapan kontrol bagi siswa dalam segala aktivitas pengamalan budaya agama di sekolah. Siswa yang ada harus melakukan kegiatan sesuai dengan program. Semua guru membantu dan mendukung dalam mendampingi siswa untuk pembinaan aktifitas keberagamaan di SDN Tlogoharum 01 dan di SDN Trangkilan. Fasilitas yang terpenuhi secara penuh dalam aktifitasnya. Semua guru diberi tugas sesuai dengan jabatannya. Sekolah akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang banyak aturan dan program yang seolah-olah di luar kegiatan akademik Kesiapan pihak internal akan konsekwensi logis yang harus dilaksanakan dalam perwujudan suasana keberagamaan di sekolah. Adapun temuan-temuan strategi pembinaan keagamaan siswa di SDN Tlogoharum 01 dan di SDN Trangkilan antara lain : Penambahan jam di luar PBM melalui eskul keagamaan, Memberi tugas untuk banyak belajar di rumah, misalkan; mengerjakan PR pada LKS, membuat kaligrafi, Mencari tambahan materi agama di luar sekolah, Setiap pembelajaran PAI siswa diharuskan membawa buku LKS, Pada waktu jam istirahat pertama sekitar jam 09.15-0945 siswa dijadwal melaksanakan shalat dhuha untuk kelas IV -VI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Keagamaan Siswa; Sekolah Dasar; Student Religious Activities; Elementary School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2013 09:58
Last Modified: 09 Oct 2013 09:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item