Pengaruh Prestasi Belajar Bidang Studi Fiqih terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Siswa-Siswi MI YATPI Latak Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011

Zuhriyah, Anik (2012) Pengaruh Prestasi Belajar Bidang Studi Fiqih terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Siswa-Siswi MI YATPI Latak Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911094_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911094_Bibliogarafi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mempelajari Fiqih, bukan sekedar teori yang bersifat amaliah, tetapi harus mengandung unsur teori dan praktek. Menyadari pentingnya pengetahuan agama Islam, terutama di MI YATPI (Yayasan Taman Pendidikan Islamiyah) Latak Godong sebagai salah satu lembaga pendidikan formal keagamaan Tingkat Dasar, mengembangkan pembelajaran agama Islam dan pengamalan ibadah melalui bidang studi Fiqih, siswa tidak hanya belajar tentang pendidikan pengamalan ibadah, tetapi mereka dibimbing untuk prektek shalat Dhuhur berjama’ah bersama-sama dengan para guru pada waktu istirahat kedua yang bertepatan dengan masuknya waktu shalat Dhuhur. Sehingga siswa dilatih untuk disiplin dalam melaksanakan ibadah shalat, yaitu shalat di awal waktu. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh positif prestasi belajar bidang studi fiqih terhadap pengamalan ibadah shalat siswa siswi MI YATPI Latak Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis product moment. Subyek penelitian sebanyak 45 responden, menggunakan teknik random, sampling Pengumpulan data menggunakan instrument quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalsis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferential yaitu menggunakan teknik product Moment. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji. Hasil belajar menunjukkan bahwa: Ada pengaruh positif antara prestasi belajar bidang studi fiqih terhadap pengamalan ibadah shalat siswa siswi MI YATPI Latak Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 74. Berdasarkan analisis uji hipotesis dengan product moment. rxy = 0.60111 > rt (0,05) = 0.294 dan rxy = = 0.60111 > rt (0,01) = 0.380. Terhadap rxy > rt ( 0,05 dan 0,01) berarti signifikan, maka data tersebut signifikan. maka data tersebut signifikan, sedangkan dalam uji Freg diketahui, bahwa nilainya sebesar 24.327, kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel Freg = 24.327> Ft 0,05 = 4.06 dan Freg = 24.327> Ft 0,01 = 7,24 berarti signifikan Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara prestasi belajar bidang studi fiqih terhadap pengamalan ibadah shalat siswa siswi MI YATPI Latak Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah diterima atau terbukti kebenarannya

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Ibadah Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:50
Last Modified: 23 Dec 2013 07:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item