Analisis pesan dakwah Drs. H. Afnan Purnan Al-Buqowiyu di radio Idola 92,6 FM Semarang

Roswindasari, Roswindasari (2007) Analisis pesan dakwah Drs. H. Afnan Purnan Al-Buqowiyu di radio Idola 92,6 FM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101032_Roswinda.pdf]
Preview
Text
1101032_Roswinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang disampaikan Drs. H. Afnan Purnan Al-Buqowiyu melalui media radio, yaitu Radio Idola 92,6 FM Semarang. Untuk meneliti pesan-pesan dakwah tersebut, penulis menggunakan metode penulisan kualitatif naturalistik. Dengan pendekatan komunikasi yang ditekankan pada analisis tekstual dan deskriptif kualitatif sebagai teknik analisis data. Berdasarkan data-data yang telah penulis teliti, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pesan dakwah yang disampaikan Drs. H. Afnan Purnan Al-Buqowiyu memiliki pesan dakwah dari ajaran-ajaran Islam yang baik.
Sedangkan kesimpulan dari skripsi ini adalah mengingatkan kepada manusia agar tidak lupa pada cinta dunia, karena hidup hanya untuk ibadah kepada Allah Swt., menjadikan syari’at sebagai pembatas dalam beretika dengan sesama, seperti yang digambarkan oleh Rasulullah Saw. dalam berperilaku. Dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt. juga harus beretika, yaitu di mana kita wudhu, membersihkan hadats dan najis serta dalam berpakaian. Menjalin persahabatan dengan ukhuwah dan mahabbah. Menjadikan al-Qur’an sebagai panduan penunjuk jalan, dan sunnah Rasul sebagai penerang kegelapan. Mausia hanya bisa bertawakal dan bersandar pada Tuhan, selalu melimpahkan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Tuhan itu satu, menggapai cinta Allah dengan bertawakal, Allah Dialah segalanya.
Sedangkan pesan dalam bidang akhlak yang disampaikan Drs. H. Afnan Purnan Al-Buqowiyu ini lebih banyak dibandingkan dengan bidang syari’ah. Akhlak itu sendiri bisa berarti positif dan negatif, yang termasuk positif adalah akhlak yang sifatnya benar seperti ikhlas, ibadah, sedangkan yang negatif adalah yang sifatnya buruk, seperti suka kehidupan dunia, riya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Alat Dakwah; Media Dakwah; Radio; Siaran Radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:26
Last Modified: 25 Jun 2020 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics