Peran bimbingan islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat netra di panti tuna netra rungu wicara "Dharma Putra" Purworejo

Hidayati, Nur (2007) Peran bimbingan islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat netra di panti tuna netra rungu wicara "Dharma Putra" Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101036_Nur Hidayati.pdf]
Preview
Text
1101036_Nur Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rasa percaya diri merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia, tidak terkecuali oleh penyandang cacat netra yang dilihat secara fisik mempunyai kekurangan, karena biasanya kondisi seperti ini sering membuatnya minder / tidak percaya diri. Untuk itu perlu adanya suatu upaya bimbingan Islam yang dapat membantu penyandang cacat netra dalam menumbuhkan rasa percaya diri.
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan peran bimbingan Islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat netra. Sedang tujuan dari penelitian ini, adalah untuk menjelaskan peran bimbingan Islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat netra.
Panti Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara "Dharma Putra" Purworejo merupakan lembaga yang menghimpun dan membina orang-orang yang mengalami kelainan dalam bentuk fisik diantaranya tuna netra. Obyek dari penelitian ini adalah para pengasuh atau pembimbing, dan para penyandang cacat netra yang berjumlah 51 orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi.
Peran yang positif ini dapat dilihat dari fungsi bimbingan Islam yang meliputi preventif, kuratif, preservatif, dan developmental. Keempat fungsi tersebut memberikan pengaruh yang positif bagi pengembangan bimbingan Islam di panti antara lain dalam memberikan materi bimbingan dan metode yang diterapkan dalam bimbingan. Materi yang disampaikan di panti adalah materi aqidah, syari'at, dan akhlak. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Dengan adanya para pembimbing dalam menyampaikan dan menggunakan metode bimbingan mendapat tanggapan positif dari para penyandang cacat netra. Hal ini disebabkan adanya kesepahaman dalam menyampaikan materi dan metode bimbingan. Dengan demikian hasil dari penelitian ini adanya peran yang positif bimbingan Islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat netra.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Konseling; Tuna Netra; Tuna Rungu; Berkebutuhan Khusus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:55
Last Modified: 25 Jun 2020 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics