Studi komparasi pendapat Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid tentang peran agama bagi pembinaan anak dalam keluarga : suatu kajian dengan pendekatan konseling keluarga Islami

Fitriyah, Aeni (2008) Studi komparasi pendapat Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid tentang peran agama bagi pembinaan anak dalam keluarga : suatu kajian dengan pendekatan konseling keluarga Islami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103050_aeni_fitriyah]
Preview
Text (skripsi_1103050_aeni_fitriyah)
1103050_AENI_FITRIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan kelompok sosial kecil yang terdiri dari suami, istri beserta anak-anaknya yang belum menikah. Keluarga, lazimnya juga disebut rumah tangga, yang merupakan unit terkecil dalam masyarakat sebagai wadah dan proses pergaulan hidup. Yang menjadi perumusan masalah, bagaimana pendapat Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid tentang peran agama dalam kehidupan keluarga? Bagaimana komparasi pendapat Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid tentang peran agama dalam kehidupan keluarga ditinjau dari bimbingan dan konseling keluarga Islami? Metode penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber primernya adalah karya Quraish Shihab (Secercah Cahaya Ilahi; Menabur Pesan Ilahi) dan Nurcholish Madjid (Masyarakat Religius; Atas Nama Pengalaman Beragama dan Berbangsa di Masa Transisi). Sumber sekunder berupa karya Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid yang lain. Adapun pengambilan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa menurut Quraish Shihab, manusia tidak dapat melepaskan diri dari agama. Tuhan menciptakan demikian, karena agama merupakan kebutuhan hidupnya. Memang manusia dapat menangguhkannya sekian lama boleh jadi sampai dengan menjelang kematiannya. Tetapi pada akhirnya, sebelum ruh meninggalkan jasad, ia akan merasakan kebutuhan itu. Memang, desakan pemenuhan kebutuhan bertingkat-tingkat. Kebutuhan manusia terhadap air dapat ditangguhkan lebih lama dibandingkan kebutuhan udara. Begitu juga kebutuhan manusia pada makanan, jauh lebih singkat dibandingkan dengan kebutuhan manusia untuk menyalurkan naluri seksual. Menurut Nurcholish Madjid, dalam keluarga yang amat penting yaitu adanya penghayatan kehidupan keagamaan dalam suasana rumah tangga. Mode mendirikan mushalla yang sekarang ini cukup banyak dipraktikkan orang dalam lingkungan rumah tangga adalah permulaan, bahkan modal, yang cukup baik. Kehadiran mushalla secara fisik dalam lingkungan keluarga akan menegaskan kehadiran rasa keagamaan dalam keluarga itu, dan ini secara "sibernetik," (elektronik pengendali) menyediakan prasarana pendukung bagi tumbuhnya kehidupan keagamaan yang bakal membentuk milieu pendidikan keagamaan rumah tangga. Jika dikomparasikan konsep Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid tentang peran agama dalam kehidupan keluarga ditinjau dari bimbingan dan konseling keluarga Islami, maka pendapat M. Quraish Shihab dan Nurcholish Madjid sesuai dengan tujuan konseling keluarga Islami adalah untuk membantu individu mencegah timbulnya problem-problem yang berkaitan dengan pernikahan, antara lain dengan jalan: membantu individu memahami hakikat pernikahan menurut Islam; membantu individu memahami tujuan pernikahan menurut Islam; membantu individu memahami persyaratan-persyaratan pernikahan menurut Islam; membantu individu memahami kesiapan dirinya untuk menjalankan pernikahan; membantu individu melaksanakan pernikahan sesuai dengan ketentuan (syariat) Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembinaan anak; Keluarga; Konseling Islam; Pendidikan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:02
Last Modified: 26 Jun 2020 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics