Pengaruh istighatsah selapanan Pondok Pesantren Al-Fadllu wal-Fadlilah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal terhadap pengamalan keagamaan jamaahnya

Syarifah, Dewi Hajar (2008) Pengaruh istighatsah selapanan Pondok Pesantren Al-Fadllu wal-Fadlilah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal terhadap pengamalan keagamaan jamaahnya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103052_dewi_hajar_syarifah]
Preview
Text (skripsi_1103052_dewi_hajar_syarifah)
1103052_DEWI_HAJAR_SYARIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Istighatsah Selapanan Pondok Pesantren Al-Fadllu Wal-Fadlilah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Terhadap Pengamalan Keagamaan Jamaahnya” dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan kegiatan istighatsah selapanan dan apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dalam pelaksanaan istighatsah selapanan terhadap pengamalan keagamaan jamaahnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menekankan analisisnya dengan menggunakan data-data angka yang diolah dengan metode statistik. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey atau penelitian lapangan dan menggunakan kuesioner/angket sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Setelah data terkumpul dilakukan penskoran terhadap variabel x dan variabel y. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada sejumlah responden dan sudah ditentukan jumlahnya yaitu 80 responden.
Berdasarkan angket yang terkumpul pada penulis, kemudian dilakukan proses pengolahan data, dan hasil yang diperoleh dari penghitungan menggunakan analisis Regresi linier bahwa Freg sebesar 8,306 dan besar nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,964 dan taraf signifikansi 1% adalah 6,97. Hal ini berarti Freg > Ftabel.
Dengan demikian, hipotesis awal yang diajukan diterima (Ha diterima), yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara istighatsah selapanan Pondok Pesantren Al-Fadllu Wal-Fadlilah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal terhadap pengamalan keagamaan jamaahnya.
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan bahan pembelajaran bagi pelaku dakwah baik da’i maupun mad’u, yang disini adalah jamaah istighatsah selapanan Pondok Pesantren Al-Fadllu Wal-Fadlilah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengamalan agama; Zikir dan doa; Istighosah; Majelis taklim; Pengajian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:19
Last Modified: 26 Jun 2020 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics