Persepsi santri muallaf tentang dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid di Pondok Pesantren Az–Zuhri Ketileng Semarang : study analisis bimbingan dan konseling Islam

Syaefudin, Machfud (2008) Persepsi santri muallaf tentang dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid di Pondok Pesantren Az–Zuhri Ketileng Semarang : study analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103070_machfud_syaefudin]
Preview
Text (skripsi_1103070_machfud_syaefudin)
1103070_Machfud_Syaefudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang penulis teliti dalam skripsi ini, ”Persepsi Santri Muallaf Tentang Dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid di Pondok Pesantren Az-Zuhri Ketileng Semarang (Analisis Bimbingan dan Konseling Islam)”. Setidaknya mempunyai 3 tujuan utama yakni, pertama untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid di Pondok Pesantren Az-Zuhri Ketileng Semarang. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisa persepsi santri muallaf tentang dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid. Ketiga, untuk menganalisa dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid dalam tinjaun bimbingan dan konseling Islam.

Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam penelitiannya penulis menganalisis terhadap data-data yang ada, selanjutnya didiskripsikan dengan kalimat dan disimpulkan berupa laporan data. Data tersebut berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya data tersebut dikelompokkan sesuai bidangnya, kemudian dipertemukan dengan teori yang ada, dan akhirnya ditarik suatu kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama dakwah yang disajikan oleh Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid di pondok pesantren, terdiri dari pengajian yang sifatnya internal dan eksternal. Pengajian internal dilakukan dalam rangka membimbing dan membina santri yang ada di pondok pesantren, sedangkan pengajian eksternal di lakukan di beberapa daerah diluar pondok pesantren yang dilakukan rutin setiap bulannya. Selain kedua pengajian internal dan eksternal tersebut, Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid menyempatkan waktunya bagi santri dan warga masyarakat untuk berkonsultasi. Kedua, persepsi santri muallaf tentang dakwah Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid dipandang dan dinilai menyenangkan, menyejukkan, dan tidak mempersulit. Dengan kepribadian dan akhlakul karimah yang dimiliki oleh Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid, mereka para muallaf merasa termotivasi, dan tambah yakin akan kebenaran ajaran Islam. Ketiga, tehnik spiritual methode dan client centered methode, telah dipraktekkan Abah K. M. Syaeful Anwar Zuhri Rosyid dalam konsultasinya, kedua tehnik konseling itu digunakan sebagai salah satu metode dakwahnya dalam upaya membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi para santri/ mad’u, yaitu dengan cara mengarahkan klien untuk menemukan sumber pola hidup agamis dalam pribadinya, sehingga klien benar-benar menyadari dan meyakini bahwa tidak ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan, asal saja ia bersedia kembali kepada petunjuk agama. Dengan tehnik tersebut, diharapkan tujuan dakwah dapat tercapai dan mengena kepada sasaran mad’u, yakni dapat memberikan bantuan kepada individu yang mengalami permasalahan agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, menyadari jati dirinya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi, serta mampu mewujudkannya untuk beramal shaleh dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Muallaf; Santri; Bimbingan dan konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:03
Last Modified: 26 Jun 2020 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics