Studi analisis pendapat Syamsuddin as-Sarakhsi tentang wakaf khusus kepada orang kaya

Fanani, M. Ikhwanul (2009) Studi analisis pendapat Syamsuddin as-Sarakhsi tentang wakaf khusus kepada orang kaya. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_2103133_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2103133_Skripsi_Lengkap)
2103133_Skripsi Full.PDF - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat tentang niat untuk Taqarrub kepada Allah, apakah itu merupakan syarat seperti halnya dengan berakal dan baligh, yaitu bila orang yang mewakafkan itu dimaksudkan untuk tujuan duniawi, wakafnya tidak sah, ataukah boleh tanpa niat seperti itu. Sebagian Ulama seperti Imam Syafi’i, Maliki dan Imamiyah mengatakan bahwa wakaf tidak diyaratkan harus taqarrub kepada Allah. Sedangkan Syamsuddin as-Sarakhsi sebagai penerus mazhab Hanafi mengatakan bahwa wakaf khusus kepada orang kaya itu tidak sah, karena mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dengan cara menyerahkan harta itu hanya bisa dilakukan dengan cara mengalokasikan kepada orang yang membutuhkan tidak pada orang kaya.

Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan metode pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari data yang memuat tentang informasi dari permesalahan tersebut, dan kemudian bahan-bahan tersebut dianalisis mennggunakan diskriptif analisis, komparasi, serta hermeneutika.

Setelah penulis melakukan penelitian berdasarkan fakta yang ada, bahwa pendapat Syamsuddin as-Sarakhsi tentang wakaf kepada orang kaya, di sini penulis setuju dengan Syamsuddin as-Sarakhsi, karena wakaf merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apabila pewakaf mensyaratkan apa yang tidak merupakan pendekatan kepada Allah, seperti dia mensyaratkan bahwa wakaf itu tidak akan diberikan kecuali kepada orang kaya berarti wakafnya tidak sah, sebab wakaf yang demikian ini termasuk berlebihan dan perbuatan mubazir yang dilarang, dan Allah tidak suka bila harta itu hanya beredar di antara orang-orang kaya saja. Dalam Firman Allah Q.S al-Hasyr ayat 7 :
ﻜﻰﻻﻴﻜﻭﻥﺩﻭﻠﺔ ﺒﻴﻥﺍﻻﻏﻨﻴﺎﺀ ﻤﻨﻜﻡ Artinya: “Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja diantara kamu”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syamsuddin As-Sarakhsi; Wakaf; Orang kaya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:46
Last Modified: 11 Sep 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics