Pesan-pesan dakwah indzar dalam rubrik iktibar Majalah Hidayah (edisi Januari-Juni 2007)

Oktafiana, Noor (2008) Pesan-pesan dakwah indzar dalam rubrik iktibar Majalah Hidayah (edisi Januari-Juni 2007). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_1103114_NOOR_OKTAFIANA)
1103114_Noor_Oktafiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manusia tidak dapat dipisahkan dengan alam sekitarnya. Bahkan alam sekitar itulah yang paling banyak membentuk manusia. Manusia dapat mengerti bahasa yang dapat meningkatkan kecerdasannya adalah juga karena alam sekitar, di samping kontruksi tubuh yang memungkinkannya. Akal manusia menjadi tajam membandingkan yang buruk dengan yang baik, adalah juga antara lain karena alam sekitar. Salah satu unsur alam sekitar yang mempengaruhi manusia menuju yang baik adalah dakwah, dan bagi kaum Muslimin tentulah “dakwah Islamiyah”. Dakwah dapat diucapkan, dapat dituliskan, digambarkan, dibentukkan, dilakukan, diisyaratkan dan lain sebagainya, menurut tingkatan kesanggupan manusia yang melakukannya untuk mencapai daya guna yang setinggi-tingginya. Oleh karena itu pula dakwah yang ditulis dalam bentuk rubrik iktibar majalah Hidayah merupakan wujud dakwah bil qalam, yang di dalamnya terdapat sebuah cerita bernafaskan mistis religious sehingga dapat menarik para pembacanya, dengan memberi ancaman peringatan siksaan berupa balasan buruk bagi orang yang melakukan kejahatan dan melanggar ajaran Islam. Atas dasar itu penulis mengadakan penelitian dengan judul “Pesan-Pesan Dakwah Indzar Dalam Rubrik Iktibar Majalah Hidayah (Edisi Januari-Juni 2007)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja pesan-pesan dakwah indzar dalam rubrik iktibar majalah Hidayah. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan content analysis yaitu analisis tentang pesan-pesan dakwah indzar yang ada dalam majalah Hidayah edisi Januari-Juni 2007. Peneliti mengklasifikasikan setiap edisi pada kategori materi dakwah (akidah, syariah, dan akhlak). Hasil dari pengkategorian pesan-pesan dakwah indzar dalam rubrik iktibar majalah Hidayah (edisi Januari-Juni 2007) dapat peneliti simpulkan, bahwa berdasarkan data yang diperoleh peneliti adalah: Pertama, pesan yang termasuk dalam akidah adalah ”Dada Jenazah Terukir Sabung Ayam, Akhir Hidup Pendusta Agama, Jenazah Dikerumuni Lebah, dan Mulut Jenazah Keluar Darah Warna-warni”. Kedua, Pesan yang termasuk dalam syariah adalah “Kalajengking dan Cacing di Dinding Kubur, Matinya Seorang Bandar Togel, Perut Jenazah Berlumur Kotoran, Akhir Hayat Si Tuan Tanah, Makam Orang Kaya Dijilati Anjing Tiga Hari Berturut-Turut, dan Jenazah Kurus Yang Berat Di Gotong”. Ketiga, Pesan yang termasuk dalam akhlak adalah “Nasib Tragis Durhaka Kepada Ibu, Air Hitam Keluar Dari Sela Tanah, Kotak Amal Sang Ulama Berisi Kotoran, Mati Setelah Menyumpahi Ibu, Penyesalan Ibu Tiri Yang Sia-sia, Operasi Mata Dengan Uang Tak Halal Sepasang Mata Buta Hingga Ajal, dan Balada Hidup Si Jurnalis Gadungan.”

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorZuhri, M.UNSPECIFIED
Thesis advisorAnas, AhmadNIDN2013056601
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Majalah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:27
Last Modified: 29 Jun 2020 01:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item