Pembentukan karakter disiplin anak yatim usia remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang : studi materi dan metode BKI

Laela, Nur (2008) Pembentukan karakter disiplin anak yatim usia remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang : studi materi dan metode BKI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103118_nur_laela]
Preview
Text (skripsi_1103118_nur_laela)
1103118_NUR_LAELA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Laela (NIM.1103118). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Yatim Usia Remaja Di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang (Studi Materi dan Metode BKI). Skripsi Semarang Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: materi dan metode yang digunakan atau diberikan dalam pembentukan karakter disiplin anak yatim di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset lapangan (field research). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan penelitian yang dikaji, kemudian diolah dan dianalisis.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, proses pembentukan karakter yang dilaksanakan menitik beratkan pada proses meningkatkan kedisiplinan, terutama dilaksanakan pada jadual yang sudah tertera. Dalam pembentukan karakter disiplin anak yatim, semua pengasuh bekerja sama dengan unsur atau pihak panti asuhan, sehingga pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan anak yatim direalisasikan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan anak yatim. Aspek-aspek terpenting yang dilakukan adalah aspek aqidah, praktek keagamaan (ibadah), pengalaman keagamaan dan budi pukerti. Aspek-aspek tersebut diwujudkan dengan sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, Fiqih, Tauhid, Nahwu, Kajian kitab, ekstra kurikuler olah raga, keterampilan, dan kesenian. Dari situ, semua unsur yang ada di lingkungan panti saling bekerjasama dengan pihak yang terkait dan wali anak. Sehingga, perilaku keagamaan dan budi pekerti anak yatim menjadi lebih baik dan meningkat yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan panti, maupun dimasyarakat.
Pada dasarnya materi pemrentukan karakter disiplin tergantung pada tujuan yang hendak dicapai. Di Panti Asuhan Darul Hadlonah dalam pelaksanaan pembentukan karakter memiliki materi masing-masing yang akan diajarkan kepada anak yatim. Adapun materi bimbingan adalah seluruh seluruh ajaran islam secara kaffah, yaitu yang tertuang dalam Al-Qur’an dan dijabarkan oleh Al-Hadits, sedangkan pengembangannya mencakup seluruh kultur Islam dari kedua pokok ajaran Islam tersebut. Adapun materi pembentukan karakter yang ada di Panti Asuhan Darul Hadlonah antara lain: Pengasuh alam hal ini memberikan siraman rohani setiap pagi dan sore kepada anak asuh, yang materi nya meliputi: materi aqidah, materi syari’at, materi aqhlakul karimah. Metode yang digunakan dalam pembentukan karakter disiplin anak yatim di Panti Asuhan Darul Hadlonah antara lain: Pengasuh dalam hal ini mencanangkan kegiatan rutin yaitu setiap satu minggu sekali diadakan kegiatan khitobah, agenda belajar bersama. Sedangkan kegiatan rutin yang diadakan dua minggu sekali yaitu kerja bakti yang dilakukan oleh semua anak asuh yang berada di lingkungan Panti Asuhan. Melalui kegiatan ini semua anak panti diwajibkan ikut dalam pelaksanaannya, sehingga akan tercipta suasana yang kondusif demi pelaksanaan program yang ada di Panti Asuhan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak di panti asuhan Darul Hadlonah Semarang, terutama bagi para pengasuh, dan pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Anak yatim; Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:42
Last Modified: 29 Jun 2020 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics