Pendidikan majlis ta’lim sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai keagamaan : studi di Majlis Ta’lim Raudhatut Thalibin Dusun Tempuran Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal

Saifudin, Saifudin (2008) Pendidikan majlis ta’lim sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai keagamaan : studi di Majlis Ta’lim Raudhatut Thalibin Dusun Tempuran Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101168_saifudin]
Preview
Text (skripsi_3101168_saifudin)
3101168_SAIFUDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saefudin (NIM. 3101168). Pendidikan Majlis Ta’lim sebagai Upaya Mempertahankan Nilai-nilai Keagamaan; Studi di Majlis Ta’lim Raudhatut Thalibin Dusun Tempuran Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: pendidikan majlis ta’lim Raudhatut Thalibin Dusun Tempuran Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal dan peran pendidikan majlis ta’lim Raudhatut Thalibin Dusun Tempuran Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara, angket, dokumentasi dan observasi, kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan majlis talim Raudhatut Thalibin berbeda dengan pendidikan madrasah dan pesantren. Pendidikan majlis ta’lim identik dengan pendidikan non formal. Sebagai pendidikan non formal majlis ta’lim merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampillan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional yang diselenggarakan dalam masyarakat. Majlis ta’lim Raudhatut Thalibin berperan mempertahankan nilai-nilai keagamaan. Pendidikan yang diselengarakan oleh majlis ta’lim Raudhatut Thalibin merupakan identik konsep pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan tidak kenal usia dan berlaku dari lahir sampai mati.
Peran majlis ta’lim Raudhatut Thalibin dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan tentunya ditemukan pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukungnya adalah partisipasi masyarakat dan pemahaman agama secara benar, sedangkan faktor penghambatnya adalah pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan norma Islam dan gaya hidup masyarakat yang serba materialistik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai keagamaan; Pendidikan Islam; Majlis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:16
Last Modified: 29 Jun 2020 05:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics