Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang

Solekah, Solekah (2009) Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3104015_Skripsi_Lengkap)
3104015_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Solekah (NIM.3104015). Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Tadris Biologi IAIN Walisongo Semarang, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 3) Mengetahui ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio dan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). Penelitian ini menggunakan metode komparasional dengan teknik analisis uji t. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Al-Asror Gunung Pati Semarang yang berjumlah 159 dalam hal ini mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi yaitu 39 siswa (kelas portofolio), 39 siswa (kelas ceramah). Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk melihat hasil pembelajaran kedua perlakuan, metode observasi untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan metode dokumentasi untuk mengetahui bagaimana hasil dokumen portofolio. Data penelitian yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dengan terlebih dahulu uji validitas instrumen. Selanjutnya dilakukan kategori variabel pertama yaitu penggunaan model pembelajaran portofolio berada dalam kategori baik karena bisa dilihat mean 76,13 ini terjadi peningkatan tinggi dari hasil awal pada pretest 64,87. Sedangkan pada kelas ceramah mean terjadi penurunan dari 64,77 pretest menjadi 63,28 saat postest. Pada perlakuan awal bahwa kedua sampel yaitu kelas portofolio dan kelas ceramah mempunyai keadaan homogen dengan hasil dengan uji bartlet hitung = 2,06< harga tabel = 3,84 untuk signifikan 5% dan jelas kedua sampel tidak ada perbedaan dengan Ho Diterima. Setelah dilakukan perlakuan dengan model pembelajaran portofolio di kelas portofolio dan dengan ceramah di kelas ceramah, maka didapatkan mean kelas portofolio 76,13 dan kelas ceramah 63,28. Selanjutnya ini dilakukan uji t dengan membandingkan mean hasil kedua kelas maka didapat t hitung 4,624 dengan Ho Ditolak. Jadi dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kedua sampel berbeda yaitu pada model portofolio dinyatakan lebih mempengaruhi peningkatan hasil pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menambah referensi guru untuk selalu menambah variasi metode pembelajaran agar hasil pembelajaran lebih baik. Dalam hal ini model pembelajaran portofolio juga dapat digunakan sebagai tambahan model pembelajaran di kelas karena sudah terbukti bahwa model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Selanjutnya guru dapat meninggalkan metode yang konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorLianah, LianahNIDN2013035901
Thesis advisorWahib, AbdulNIDN2015066001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Portofolio; Metode Ceramah; Pendidikan Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:03
Last Modified: 02 Jul 2020 07:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item