Analisis hukum Islam terhadap praktek jual beli software komputer di kota Semarang

Winoto, Danu (2009) Analisis hukum Islam terhadap praktek jual beli software komputer di kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_2103163_Skripsi_Lengkap)
2103163_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan komputer memang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan, karena komputer dapat melakukan pekerjaan dengan cepat, tepat dan akurat. Proses perhitungan yang sangat sulit apabila dilakukan secara manual menjadi sangat mudah setelah dibantu oleh komputer. Pendek kata komputer memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Jual beli komputer tak lepas adanya piranti lunak atau software karena perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak bisa berjalan, demikian pula perangkat lunak (software) tanpa perangkat keras (hardware) tidak bisa bermanfaat. Apakah jual beli tersebut sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan, karena tidak menutup kemungkinan dalam prakteknya dapat menyalahi peraturan hukum. Dan juga apakah termasuk kategori jual beli yang diharamkan. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasif dan mencari data-data yang diperlukan dari obyek penelitian yang sebenarnya. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, maka data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Pokok bahasan dalam masalah ini adalah Bagaimanakah praktek jual beli software komputer di kota Semarang dan bagaimanakah pandangan hukum Islam terhadap praktek jual beli software komputer di Kota Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek jual beli software komputer di kota Semarang dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli software komputer di kota Semarang. Praktek jual beli software ilegal komputer di Kota Semarang masih dapat kita jumpai di beberapa toko komputer, khususnya toko komputer skala kecil. Sedangkan untuk penjualan sotware legal masih tergolong sedikit mengingat tidak semua toko komputer menyediakan (menjual) cd software berlisensi dan masih sebatas toko komputer berskala besar. Jual beli software komputer secara ilegal merupakan hal yang dilarang, karena tidak sesuai dengan syarat sahnya jual beli dalam konsep Islam, malanggar hak cipta dan merugikan hak milik orang lain. Sedangkan jual beli yang dianggap sah dan sesuai dengan nilai-nilai hukum Islam adalah jual beli yang memenuhi atau sesuai dengan rukun dan syarat sahnya jual beli, lebih banyak manfaatnya dari pada mudharatnya serta tidak bertentangan dengan syariat Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSolek, MohammadNIDN2018036601
UNSPECIFIEDMuryani, Maria AnnaNIDN2001066201
Uncontrolled Keywords: hukum;islam;jual;beli;software
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:03
Last Modified: 02 Jul 2020 07:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item