Peningkatan Kemampuan Hafalan Doa-Doa Harian dengan Media Audio Visual pada Anak TK A Semester Gasal TK Islam Miftahul Jannah Beringin Indah Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013

Wakhid, Ahmad Nur (2013) Peningkatan Kemampuan Hafalan Doa-Doa Harian dengan Media Audio Visual pada Anak TK A Semester Gasal TK Islam Miftahul Jannah Beringin Indah Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111123_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111123_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111123_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111123_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111123_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111123_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111123_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 093111123_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111123_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Doa-doa harian merupakan pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran seharusnya mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil observasi awal ditemukan bahwa Anak TK A Semester Gasal TK Islam Miftahul Jannah Beringin Indah Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013 mengalami kesulitan dalam menghafal doa-doa harian.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Standar nilai ketuntasan hafalan minimal 75 % dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah Anak TK A Semester Gasal TK Islam Miftahul Jannah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, alat penilaian aktifitas belajar siswa, pedoman observasi partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hasil analisis data setelah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menunjukkan bahwa:
Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hafalan doa-doa harian Anak TK A Semester Gasal TK Islam Miftahul Jannah Beringin Indah Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hafalan sebanyak 80 % (12 anak), dan siswa yang belum tuntas hafalannya sebanyak 20 % (3 anak). Pada akhir siklus II sebanyak 100 % atau semua siswa telah tuntas hafalannya. Secara keseluruhan ketuntasan hafalaan siswa mencapai peningkatan sebesar 53,3 % jika dibandingkan dengan kondisi awal. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Doa Harian; Audio Visual; Taman Kanak-Kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 24 Dec 2013 02:39
Last Modified: 24 Dec 2013 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics