Analisis hukum Islam terhadap pernikahan dandang sauran

Heriyanto, Joko (2009) Analisis hukum Islam terhadap pernikahan dandang sauran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_2103179_Skripsi_Lengkap)
2103179_Skripsi Full.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu sunatullah yang umum berlaku pada semua mahkluk Tuhan, baik pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Para mujtahid sepakat bahwa nikah adalah suatu ikatan yang dianjurkan syariat. Orang yang sudah berkeinginan untuk nikah dan khawatir terjerumus ke dalam perbuatan zina, sangat dianjurkan untuk melaksanakan nikah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tradisi dandang sauran di Desa Pojok Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan? Bagaimana analisis hukum Islam terhadap tradisi dandang sauran Desa Pojok Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat. Sumber utamanya yaitu hasil wawancara dengan para tokoh masyarakat (bapak Amin, Darso, Suprat) dan para orang tua yang tidak membolehkan dan orang-orang yang menjadi korban dari tradisi "dandang sauran" serta orang-orang yang tidak percaya akan akibat apabila ketentuan tersebut dilanggar. Adapun sumber data sekunder, yaitu buku-buku pendukung. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik Interview (wawancara), dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif analisis guna menganalisis dan menggambarkan pelaksanaan tradisi "dandang sauran" di Desa Pojok Kec. Pulokulon Kab. Grobogan, selanjutnya tradisi ini dianalisis dalam perspektif hukum Islam. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan tradisi dandang sauran di Desa Pojok Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan yaitu disyaratkan bagi calon mempelai yang hendak melangsungkan pernikahan tidak boleh melanggar suatu larangan yang dinamakan "dandang sauran". Yaitu sebuah mitos di masyarakat yang mana para orang tua tidak memperbolehkan anaknya kawin/nikah dengan seorang yang memiliki kesamaan huruf depan dari daerahnya atau kesamaan huruf depan dari orang tuanya. Inilah salah satu realitas masyarakat yang penulis temukan tepatnya di Desa Pojok Kecamatan Pulokulon Kebupaten Grobogan. Desa tersebut terdiri dari 10 (sepuluh) dusun, 3 (tiga) di antaranya memiliki kebiasaan yang tidak lazim terjadi yaitu masyarakat dari kedua dusun ini tidak berani saling melakukan pernikahan. Dusun yang dimaksud adalah Dusun Kasian, Dusun Karangpung dan Kayen. Ketika huruf tersebut huruf depannya sama-sama huruf k mereka yakin dan percaya mitos-mitos yang tersebar di masyarakat itu bakalan terjadi apabila mereka melanggarnya. Mereka menamakan larangan itu dengan "dandang sauran". Tradisi dandang sauran Desa Pojok Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan, jika dianalisis secara hukum Islam, maka dandang sauran dapat dianggap sebagai 'urf karena tidak bertentangan dengan syarat 'urf untuk dijadikan sebagai sumber hukum. Dengan kata lain, tradisi dandang sauran memenuhi syarat sebagai 'urf..

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorHambali, SlametNIDN9990211635
Thesis advisorHa, Rustam Dahar Karnadi ApolloNIDN2023076902
Uncontrolled Keywords: Hukum;Islam;Pernikahan;Dandang Sauran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:05
Last Modified: 02 Jul 2020 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item