Studi analisis terhadap pendayagunaan zakat untuk usaha produktif di LAZIZMA (lembaga amil zakat infaq dan shadaqoh masjid agung) Jawa Tengah

Yusuf, Muhammad (2009) Studi analisis terhadap pendayagunaan zakat untuk usaha produktif di LAZIZMA (lembaga amil zakat infaq dan shadaqoh masjid agung) Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2103202_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2103202_Skripsi_Lengkap)
2103202_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini yang dipraktekkan dalam masyarakat, pemberian zakat lebih di orientasikan kepada pemberian secara konsumtif kepada 8 asnaf (golongan) yang telah ditetapkan dalam Al Qur’an. Di dalam pendayagunaan zakat hendaknya mengedepankan upaya merubah mereka yang memang membutuhkan sehingga setelah menerima zakat, dalam periode tertentu berubah menjadi pembayar zakat. Pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah di dalam pendayagunaan zakat yaitu menggunakan program pendayagunaan zakat untuk usaha produktif. Maka dari itu, penulis sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana pelaksanaan pendayagunaan zakat untuk usaha produktif di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah. Untuk itu, dalam penelitian ini penulis mengambil judul : Studi Analisis Terhadap Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang dilakukan pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah, untuk mendapatkan data yang valid dalam menyusun penelitian ini penulis menggunakan sumber data yaitu: data lapangan dengan Field Research dan data kepustakaan (Library Research), data tersebut di atas akan penulis kumpulkan melalui metode observasi, interview dan dokumentasi yang penulis dapatkan langsung dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah. Kemudian dari data yang diperoleh penulis menganalisis dengan metode analisis kualitatif deskriptif.
Dengan permasalahan yang ada penulis menarik kesimpulan bahwa praktek pendayagunaan zakat untuk usaha produktif sebagai pinjaman modal usaha di LAZISMA Jawa Tengah sesuai dengan syari’at Islam, karena dalam kaitannya dengan maslahah (manfaat) sebagai modal usaha, sehingga dari usaha tersebut meendapatkan hasil (uang) sehingga mengangkat mereka dari kemiskinan atau paling tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok sendiri.
pendayagunaan zakat untuk modal usaha produktif LAZISMA Jawa Tengah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu menurut pasal 29 Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 581 Tahun 1999 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat yaitu dengan melakukan studi kelayakan, menetapkan jenis usaha, melakukan bimbingan dan penyuluhan, melakukan pemantauan, pengendalian dan pengawasan, mengadakan evaluasi dan membuat laporan sebelum LAZISMA Jawa Tengah memberikan dana zakat produktif kepada para PKL (pedagang kaki lima).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat;LAZIZMA
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:05
Last Modified: 02 Jul 2020 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics