Peran komite sekolah dalam pengembangan madrasah :studi kasus di MAN Kendal

Noer, M. Subkhan (2009) Peran komite sekolah dalam pengembangan madrasah :studi kasus di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3103164_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3103164_Skripsi_Lengkap)
3103164_FULLPDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peran komite sekolah dalam mewujudkan pengembangan MAN Kendal. 2) Untuk mengetahui pola komunikasi komite sekolah dengan pihak madrasah di MAN Kendal. 3) Unttuk mengetahui factor pendukung dan penghambat antara pihak komite sekolah dan pihak madrasah di MAN Kendal dalam rangka pengembangan madrasah.

Penelitian ini tergolong sebagai penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang berarti bukan berupa angka-angka, data diperoleh melalui wawancara yang ditujukan pada anggota komite sekolah terutama pada ketua komite juga kepala sekolah MAN Kendal, observasi untuk memperoleh data bentuk peran dan pola komunikasi yang dilakukan oleh komite sekolah dalam mengembangkan kualitas MAN Kendal, dan dokumentasi berupa perkembangan MAN Kendal, dokumentasi struktur organisasi MAN Kendal. Dan struktur organisasi komite sekolah, dokumentasi tentang administrasi dan tata kerja komite sekolah di MAN Kendal. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif, dalam hal ini analisis digunakan untuk menganalisis peranan komite sekolah dan tata komunikasinya dalam mengembangkan MAN Kendal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran komite sekolah dalam mewujudkan pengembangan MAN Kendal adalah dengan membentuk komite sekolah yang terdiri dari beberapa unsur yang sangat urgen dalam pengembangan madrasah seperti pendidik, wiraswasta, birokrasi, kontraktor, dan masyarakat sekolah, selain komite sekolah menjadi jembatan antara pihak madrasah dan masyarakat sekolah dalam rangka mewujudkan program pengembangan sekolah yang dilakukan dengan sistem kekeluargaan. 2) Komunikasi komite sekolah dengan pihak madrasah di MAN Kendal dilakukan berdasarkan komunikasi dua arah dengan terus menjaga sistem kekeluargaan. 3) faktor pendukung bagi kinerja komite sekolah dalam mengembangkan MAN Kendal, baik melalui hubungan kekeluargaan maupun kelembagaan yang dilakukan melalui proses perencanaan dan pelaksanaan program. Sedangkan faktor yang menghambat adalah banyak tunggakan siswa dan meminta keringanan sehingga menjad hal yang menyulitkan sekolah karena MAN butuh dukungan dana untuk terus menjalankan progamnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: KOMITE SEKOLAH;PENGEMBANGAN MADRASAH
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:05
Last Modified: 02 Jul 2020 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics