Implementasi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN i Cepogo Boyolali

Sholihah, Dwi Nur (2009) Implementasi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN i Cepogo Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3104027_Skripsi_Lengkap)
3104026 Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dwi Nur Sholihah (NIM : 3104027). Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa SDN I Cepogo Boyolali. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009. Penelitian ini bertujuan : (1). Untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi PAKEM dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN I Cepogo Boyolali; (2). Untuk mendeskripsikan dan menganalisa hasil penerapan PAKEM dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN I Cepogo Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi PAKEM dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN I Cepogo Boyolali sudah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan diterapkannya metode-metode pembelajaran yang menjadikan siswa aktif. Salah satu metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga pada metode ini potensi yang dimiliki setiap siswa dapat dikembangkan, karena melalui masing-masing kelompok seorang siswa dapat dengan bebas menyalurkan pemikiran mereka. (2) Hasil penerapan PAKEM dalam upaya meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SDN I Cepogo Boyolali berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran PAI. Adapun indikator peningkatan mutu tersebut adalah : (a) Dengan penerapan PAKEM siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran PAI; (b) Siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dan mengembangkan daya imajinasi secara maksimal; (c) Memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mendapatkan hasil belajar PAI yang baik dengan cara menyediakan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif; (d) Dengan adanya PAKEM, hasil belajar PAI lebih meningkat dengan baik; da (e) Guru dapat menciptakan metode-metode yang efektif, sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran PAI. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorUhbiyati, NurNIDN2008025201
Thesis advisorIsmail, IsmailNIDN2021107101
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aktif; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 02 Jul 2020 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11374

Actions (login required)

View Item View Item