Implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj. Isriati Semarang

Fitriyani, Eka (2009) Implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj. Isriati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM3103165_Skripsi_Lengkap)
3103165_FULLPDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang, serta mengetahui faktorfaktor pendukung dan penghambat diterapkanya strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang. 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan strategi active learning dalam pembelajaran PAI seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dikembangkan di SMP Hj Isriati diwujudkan dalam ke-lima komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode, media, guru serta siswa. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk itulah strategi yang dikembangkan adalah active learning. Sedangkan impementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati terwujud dalam tiga bentuk metode pembelajaran yaitu teman sebaya (peer leassons), rapat kota (town meeting) dan menghubungkan kembali (reconnecting). Secara umum metode ini diterapkan melalui enam tahapan yaitu menyampaikan tujuan, memilih topik pembelajaran, menampilkan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing dan mengarahkannya, evaluasi dan tindak lanjut. Pada praktiknya kegiatan pembelajaran PAI melalui strategi active learning sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan–tahapan tersebut di atas, bahkan kadang guru memvariasikan sendiri pelaksanaannya. Seperti pada pelaksanaan metode reconnecting. Ketika guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang baru saja disampaikan, guru memvariasikan tanya jawab tersebut dengan cara menyuruh siswa menuliskan jawaban dalam selembar kertas, kemudian secara acak jawaban tersebut dibacakan oleh siswa yang lain. Kegiatan tersebut dirasa lebih efektif dari pada jawaban tersebut langsung disampaikan oleh siswa, karena dengan menuliskan jawaban diselembar kertas semua siswa akan menjawab. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorHasan, KarnadiUNSPECIFIED
Thesis advisorMa'sumah, Lift AnisNIDN2028097202
Uncontrolled Keywords: Active learning ; Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 02 Jul 2020 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item