Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat An-Nisa’ ayat 36

Fauzi, Mohammad (2008) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat An-Nisa’ ayat 36. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3104045_Skripsi_Lengkap)
3104045 Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mohammad Fauzi (3104045). “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Surat An-Nisa’ Ayat 36”, Skripsi, Semarang, Program Strata 1 ( S 1), Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Walisongo Semarang, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara jelas tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat an-Nisa’ ayat 36. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode tahlily dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam termuat dalam surat an-Nisa' ayat 36. Secara umum kandungan lafadz-lafadz–nya memuat tentang nilai: 1) Beribadah kepada Allah, 2) Ketauhidan, dan 3) Akhlak dalam membangun hubungan sosial. Jika dikerucutkan pokok utama ajarannya adalah bagaimana manusia itu melaksanakan ibadah kepada Allah. Surat an-Nisa' ayat 36 juga memuat tujuan pendidikan jika dikorelasikan dengan tujuan pendidikan Islam yang identik dengan tujuan Islam sendiri, yaitu sesuai dengan hakikat penciptaan manusia agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia dengan iman dan takwa. Korelasi ini didukung pula jika predikat takwa merupakan tujuan akhir dari sebuah proses pendidikan, apalagi jika dikorelasikan dengan tujuan akhir dari pendidikan Islam adalah realisasi dari cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi bagi kesejahteraan umat manusia di dunia dan di akhirat. Lebih dari itu, nilai-nilai tersebut merupakan bentuk jaminan sosial dan kasih sayang dalam membangun masyarakat yang ideal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa serta para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama dalam memberi motivasi dan dorongan kepada tenaga pengajar agar senantiasa menggali ilmu-ilmu atau sesuatu yang teradapat dalam al-Qur’an, karena masih banyak ilmu-ilmu pendidikan yang belum tergali oleh para ahli pendidikan, sehingga apabila ini dilakukan maka akan bisa menambah khazanah keilmuan dalam memajukan pendidikan Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSoebahar, Moh. ErfanNIDN2024066501
Thesis advisorRozi, FakrurNIDN2020126901
Uncontrolled Keywords: Nilai Islam; Pendidikan Islam, Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 02 Jul 2020 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item