Aplikasi teori Hudud Muhammad Syahrur dalam penentuan zakat

Unatin, Unatin (2009) Aplikasi teori Hudud Muhammad Syahrur dalam penentuan zakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_2104159_Skripsi_Lengkap)
2104159_Skripsi_Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orang-Orang yang menerima zakat telah jelas ketentuannya di dalam nash Al-Qur’an. Demikian juga hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang orang-orang yang berhak menerima zakat. Tetapi Al-Qur’an tidak memberi penjelasan tentang batas minimal pemberian dalam bentuk zakat. Hanya hadis melalui Nabi Muhammad SAW yang memberikan penjelasan mengenai batas minimal pemberian dalam bentuk zakat, yakni 1/40 atau 2,5%. Hal ini membuat seorang pemikir kontemporer asal Syiria bernama Muhammad Syahrur berpendapat bahwa batasan minimal diberikan dalam pendistribusian harta yang dinamakan zakat adalah 2,5% atau 1/40. Menurut Syahrur bahwa zakat diberikan tergantung dari situasi dan kondisi yang mempengaruhi tempat tersebut. Misalnya negeri tersebut negeri yang kaya dan melimpah maka zakat yang diberikan bisa melebihi apa yang telah di gariskan menurut ketentuan. Tetapi disisi lain Syahrur tidak memberikan penjelasan mengenai harta apa saja yang perlu diberi zakat dan berapa kadar zakatnya. Karena menurutnya semua pendapat tentang zakat bisa berubah setiap saat, sesuai dengan tingkat konsumsi dan produksi setiap negara. Jadi pemberian zakatpun selalu berubah sesuai dengan tuntutan zaman yang ada. Dan pemberian kuasa untuk menentukan batasan zakat diserahkan kepada para mujtahid yang ada di setiap negara tersebut. Inilah yang membuat penentuan hukum Syahrur masih terkesan kurang tegas.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana batasan zakat menurut Muhammad Syahrur serta bagaimana model ijtihad Muhammad Syahrur dalam penentuan zakat serta bagaimana aplikasi teori Hudud Muhammad Syahrur dalam penetuan zakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis diskriptif analitis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorYahya, ImamNIDN2010047001
Thesis advisorGhofur, AbdulNIDN2017016701
Uncontrolled Keywords: Teori Hudud; Muhammad Syahrur; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 02 Jul 2020 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item