Corak pemikiran A. Malik Fadjar tentang pengembangan madrasah pada era globalisasi di Indonesia : studi pemikiran tokoh pendidikan

Wahib, Abdul (2008) Corak pemikiran A. Malik Fadjar tentang pengembangan madrasah pada era globalisasi di Indonesia : studi pemikiran tokoh pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101326_abdulwahib]
Preview
Text (skripsi_3101326_abdulwahib)
3101326_ABDULWAHIB.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abdul Wahib (NIM: 3101326). ”Corak Pemikiran A. Malik Fadjar Tentang Pengembangan Madrasah Pada Era Globalisasi Di Indonesia (Studi Pemikiran Tokoh Pendidikan)”. Skripsi. Semarang: Program Strata I IAIN Walisongo Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam 2008.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah: bagaimana corak pemikiran A. Malik Fadjar tentang pengembangan madrasah pada era globalisasi di Indonesia? Dan bagaimana kebijakan-kebijakan tentang madrasah yang dikeluarkan A. Malik Fadjar untuk menghadapai era globalisasi di Indonesia?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeklarasikan: corak pemikiran A. Malik Fadjar tentang pengembangan madrasah pada era globalisasi di Indonesia dan kebijakan-kebijakan tentang madrasah yang dikeluarkan A. Malik Fadjar untuk menghadapai era globalisasi di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif literer. Namun, penulis memadukannya dengan wawancara (penelitian lapangan), dengan alasan tokoh yang diteliti masih hidup. Maka, jenis penelitian ini adalah kualitatif studi pemikiran tokoh. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitain yaitu pendekatan historis-sosiologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah; metode dokumentasi dan wawancara, dengan teknik analisis deskriptif, sintesis dan komparatif yang difokuskan pada categorical analysize (suatu analisis untuk menentukan katagori pemikiran seseorang).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corak pemikiran A. Malik Fadjar adalah: Futuristik, visioner, teo-institutif/ kombinasi. Dan, kebijakan-kebijakan yang A. Malik Fadjar keluarkan adalah kebijakan yang bersifat futuristik, sosialis (mengutamakan kepentingan masyarakat bawah), dan aplicable.
Manfaat penelitian ini penulis sampaikan kepada para mahasiswa Fakultas Tarbiayh khususnya yang nantinya akan menjadi pribadi pendidik, sebagai muslim yang taat pada ajaran Islam, sebaiknya perlu mengkaji dan menggali konsep-konsep pendidikan Islam sekaligus mengamalkannya dalam mendidik generasi-generasi mendatang; yaitu dengan mengambil dari pemikiran tokoh pendidikan Islam sehingga dapat diterapkan dan dijadikan pertimbangan pemikiran dalam menentukan arah pendidikan Islam yang baik untuk dikembangkan di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Madrasah; Globalisasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:42
Last Modified: 30 Jun 2020 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics