Pilar-pilar pendidikan rekomendasi Unesco dalam perspektif pendidikan Islam

Mahjuro, Khijron (2008) Pilar-pilar pendidikan rekomendasi Unesco dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101328_khijron_mahjuro]
Preview
Text (skripsi_3101328_khijron_mahjuro)
3101328_KHIJRON_MAHJURO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khijron Mahjuro (NIM: 30101328) Pilar-pilar Pendidikan Rekomendasi UNESCO dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi, Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pilar-pilar pendidikan rekomendasi UNESCO (2) Bagaimana pendidikan Islam; dan (3) Bagaimana perspektif pendidikan Islam terhadap pilar-pilar pendidikan rekomendasi UNESCO.
Penelitan ini menggunakan metode riset perpustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode content analysis dan interpretasi data. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pilar-pilar pendiidika rekokmendasi UNESCO meliputi: 1) learning to know (belajar mengetahui), jenis belajar untuk mengetahui makna sebesarnya dari suatu materi, belajar yang mengarahkan pada pemahaman di balik materi, belajar agar dapat memahami makna tersirat dari yang tersurat, dengan belajar ini menjadikan peserta didik tidak sekedar tahu tapi dapat memahami makna sesungguhnya (subtantif); (2) learning to do (belajar berbuat/berkarya), jenis belajar ini sebagai bentuk aktualisasi dari materi yang didapatnya yaitu berkarya dan berbuat. Berkarya berdasarkan potensi yang dimiliki dibarengi materi yang didapatnya. Dengan berkarya, tidak saja membuat mandiri tapi juga dapat membantu orang lain melalui karyanya tersebut; (3) learning to be (belajar menjadi diri sendiri), jenis belajar ini mendidik peserta didik agar dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan tumbuh menjadi diri sendiri, diri yang mandiri dan diri yang bermanfaat bagi lingkungannya; tujuannya agar membentuk pribadi yang berkarater kuat tidak mudah goyah oleh arus pergaulan, dan (4) learning to live together (belajar hidup bersama), sebagai bentuk terakhir dari pilar pendidikan rekomendasi UNESCO yang mendidik sekaligus mengarahkan peserta didik agar dapat hidup bersama (social) di tengah pluralisme. di tengah aruh globalisasi mementingkan ego seperti hal lumrah sehingga akan tercipta individualistic dan hal ini tidak sehat bila terus berkembang. Oleh karena itu jenis belajar ini sangat penting agar peserta didik nanti akhirnya menjadi manusia sosial yang tidak hanya tahu, bermanfaat, berkarater tapi juga bersosial.
Pendidikan Islam pun telah meng-cover semua pilar-pilar pendidikan rekomenasi UNESCO dengan kaca mata al-Qur’an dan Hadits sebagai pisau analisis, kesemua pilar-pilar tersebut sejalan dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits hanya saja tidak tergolong dalam satu kaidah bulat. Learning to know dengan penjelasan ciri ulul albab yang selalu menggunakan akalnya, learning to do dengan kesinambungan berkarya (berkarja) setelah usai mengerjakan satu tugas, learning to be dengan akhlakul karimah dan learning to live together dengan anjuran saling ta’aruf (mengenal).
Pendidikan Islam dalam memandang pilar-pilar pendidikan yang direkomendasikan UNESCO pada hakekatnya tidak menyimpang dari koridor nilai-nilai keislaman, yang menjadi dasar bagi pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pilar pendidikan; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:52
Last Modified: 30 Jun 2020 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics