Minat terhadap play station dan agresivitas anak: studi terhadap santri TPQ Al-Muhajirin Perumnas Krapyak Semarang Barat

Nasoka, Nasoka (2009) Minat terhadap play station dan agresivitas anak: studi terhadap santri TPQ Al-Muhajirin Perumnas Krapyak Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_4102112_Skripsi_Lengkap)
4102112_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan, 1). Untuk mengetahui seberapa jauh minat anak TPQ Al-Muhajirin terhadap play station. 2). Untuk mengetahui tingkat agresivitas santri TPQ Al-Muhajirin. 3). Untuk mengetahui pengaruh play station terhadap agresivitas anak. Dan obyek penelitian ini adalah anak atau santri TPQ Al-Muhajirin Perumnas Krapyak Semarang Barat. Membahas masalah play station adalah sangat menarik bagi anak. Hal ini disebabkan karena usia anak-anak adalah merupakan usia masa untuk bermain. Anak dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari yang namanya bermain, anak bermain sebagai proses perkembangan dan anak sangat membutuhkan sosok ideal yang ditiru untuk kepribadiannya, usia anak merupakan pencarian jati dirinya, yang kemudian dibawa pada usia remaja hingga dewasa. Play station dikalangan anak-anak pada masa sekarang sangat tidak asing lagi, bahkan alat ini sangat populer karena gerakan aktornya seperti manusia nyata. Selain itu play station menyediakan berbagai jenis permainan yang berupa laga, petualangan, kompetisi, duel yang judul dalam play station seperti Final Fantasy, The Sims, Laga, RTS, Champion Manager. Kehadiran play station memang dapat menimbulkan apresiasi atau merangsang kreativitas anak, tetapi play station juga dapat menimbulkan pengaruh yang negatif, dikarenakan banyak nyajikan atau memberi informasi permainan berbentuk kekerasan, perkelahian, pertarungan. Jika anak setiap hari menyaksikan adegan kekerasan, sedikit atau banyak anak akan terpengaruh dan meniru gerakan di play station dan anak akan bersifat agresif verbal seperti gampang marah, sering membantah, senang berkata kotor atau jorok. Bahkan anak akan melakukan agresif fisik seperti memukul, menonjok, menjegal, merusak dan melukai orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) yang memakai metode obsevasi dan interview dengan tehnik analisis kualitatif. Penelitian ini adalah jenis penelitian populasi. Yaitu semua populasi dijadikan sample dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat Terhadap Play Station Dan Agresivitas Anak, (Studi Terhadap Santri TPQ Al-Muhajirin Perumnas Krapyak Semarang Barat), yaitu anak yang berminat terhadap play station hanya sedikit dengan prosentase 20%, sedangkan pengaruh play station terhadap agresivitas anak, yaitu bentuk agresif verbal dengan prosentase 66% berupa mengejek, mengumpat, memaki, menghina, mencela atau dengan perkataan kotor.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorHadziq, AbdullahNIDN2003015002
Uncontrolled Keywords: Play station; Agresif verbal; Perkembangan Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:07
Last Modified: 02 Jul 2020 07:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item