Nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Al-Quran Surat at-Taghabun ayat 14

Jauharul Huda, Faiq (2008) Nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Al-Quran Surat at-Taghabun ayat 14. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101332_faiq_jauharul_huda]
Preview
Text (skripsi_3101332_faiq_jauharul_huda)
3101332_Faiq_Jauharul_Huda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

FAIQ JAUHARUL HUDA (NIM. 3101332). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Al-Quran Surat At-Taghabun Ayat 14, Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan akhlak menurut al-Quran surat at-Taghabun ayat 14. Penelitian ini dapat dikatagorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif yang mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan akhlak menurut al-Quran surat at-Taghabun ayat 14. Pendidikan Akhlak merupakan ruh dari pendidikan Islam yang mengandung prinsip-prinsip akhlak utama. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan akhlak perlu adanya suatu penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak, yang keberadaanya merupakan salah satu sarana untuk membangun kebaikan individu, keluarga maupun masyarakat.
Rasulullah saw sebagai teladan umat muslim di dunia, beliau menanamkan dan mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian diterapkan pada kegiatan pendidikan (Islam) konteks sekarang, dengan menggunakan hermeneutic sebagai pendekatan penelitiannya. Adapun dalam mengkaji dan membahas nilai-nilai pendidikan akhlak menurut al-Quran surat at-Taghabun ayat 14, dalam penelitian ini digunakan metode yaitu metode tafsir tahlili, yakni suatu metode analitis dengan menafsirkan ayat 14, memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan arti kosa kata (mufradat) asbab al-nuzul, munasabah (surat dengan surat dan ayat dengan ayat) konotasi kalimat, serta menguraikan pendapat-pendapat (penafsiran mufassirin) baik dari Nabi sendiri, para Sahabat, Tabi’in maupun Ahli Tafsir lain. Setelah pembahasan tersebut selesai, kemudian dianalisis dengan ‘content analisis’ (analisis isi).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa di dalam al-Quran surat at-Taghabun ayat 14 terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu sifat memaafkan, sifat menahan marah dan sifat mengampuni, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw. Sifat tersebut harus tertanam dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan intern maupun ekstern.
Dalam konteks pendidikan, perilaku dan sifat-sifat yang membentuk kepribadian (akhlak karimah) Nabi saw. agar dapat dicontoh dan diikuti serta dipraktikkan oleh umat manusia sebagai pendidik (orang tua) yang mempunyai amanat mendidik dan menanamkan (menginternalisasikan)-nya dalam diri peserta didik (anak), yaitu dapat memaafkan kesalahan orang lain, menahan marah ketika bisa membalas perlakuan orang lain dan bisa mengampuni setiap aniaya yang dilakukan orang lain terhadap dirinya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para praktisi pendidikan, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Tafsir Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:04
Last Modified: 30 Jun 2020 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics