Implementasi Metode Diskusi Kelas untuk Pencapaian Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al-Khoiriyyah dan MTs Al-Islam Semarang

Winarto, Winarto (2012) Implementasi Metode Diskusi Kelas untuk Pencapaian Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al-Khoiriyyah dan MTs Al-Islam Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Winarto_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Winarto_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (105kB) | Preview

Abstract

Metode diskusi kelas adalah salah satu metode pembelajaran berbasis active learning yang telah diterapkan di MTs Al Khoiriyyah dan MTs Al Islam Gunungpati Semarang pada kegiatan pembelajarannya termasuk dalam kegiatan pembelajaran Qur’an Hadis. Itulah sebabnya penulis mengadakan penelitian pada Sekolah tersebut dengan judul penelitian ”Implementasi Metode Dikusi Kelas untuk Pencapain Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al Khoiriyyah dan MTs Al Islam Gunungpati Semarang”. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki; (1) bagaimana implementasi metode diskusi kelas dalam pembelajaran Qur’an Hadis siswa kelas IX MTs Al Khoriyyah dan MTs Al Islam Semarang? (2) bagaimana efektivitas metode diskusi kelas terhadap pencapaian standar kompetensi dalam pembelajaran Qur’an Hadis? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian tertentu dengan data yang bersifat kualitatif. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif, yaitu melalui proses reduksi, display dan verifikasi. Penulis melakukan penelitian secara seksama di MTs Al Khoiriyyah dan MTs Al Islam Gunungpati Semarang, dapat menyimpulkan bahwa; (1) Implementasi metode diskusi kelas pada pembelajaran Qur’an Hadis dapat dikatakan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi terutama dalam menerapkan variasi metode dan strategi pembelajaran. Hal ini terjadi karena ada beberapa kriteria yang belum dimiliki antara lain pada model diskusi kelas yang belum variatif, dan belum membiasakan menggunakan pendekatan strategi pembelajaran dengan maksimal. (2) Pelaksanaan metode diskusi kelas cukup berjalan efektif, hal ini terbukti indikatorindikator dari standar kompetensi dapat diraih walaupun belum sempurna. Untuk mencapai seluruh indikator, guru perlu mempertimbangkan pemilihan materi, pemilihan anggota kelompok, jumplah kelompok, suasana di luar kelas, media pembelajaran dan langkah-langkah diskusi kelas dengan baik. Peneliti menyampaikan saran kepada pengelola sekolah (Kepala sekolah dan guru) agar tidak melakukan pembelajaran monoton di dalam kelas saja, tetapi memanfaatkan ruang multimedia dengan segala fasilitasnya, bahkan bila perlu di luar kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Metode Belajar; Diskusi Kelas; Islamic Religious Education; Class discussion; Learning Methods
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Oct 2013 09:14
Last Modified: 11 Oct 2013 09:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item