Relevansi bimbingan keagamaan terhadap perilaku agresif pada siswa di SMA Ronggolawe Semarang

Rokiyati, Rokiyati (2008) Relevansi bimbingan keagamaan terhadap perilaku agresif pada siswa di SMA Ronggolawe Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_4103032_Skripsi_Lengkap)
4103032_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya perilaku agresif merugikan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk mengendalikan perilaku agresif, maka diperlukan bimbingan keagamaan yang bertujuan meningkatkan pemahaman, pendalaman, dan pengamalan ajaran-ajaran agama yang dapat diperoleh dari pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat. SMA Ronggolawe Semarang merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Semarang. Dan SMA Ronggolawe Semarang juga merupakan salah satu sekolah di Semarang yang terkenal dengan stigma masyarakat tentang kenakalan perilaku siswanya. Hal ini diperkuat oleh fakta yang penulis temukan dalam observasi awal, yang menjelaskan bahwa terdapat perilaku agresif yang berupa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dalam buku laporan kasus SMA Ronggolawe Semarang. Tetapi penulis juga menemukan fakta tentang adanya bimbingan keagamaan di SMA Ronggolawe Semarang. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian tentang ”Relevansi Bimbingan Keagamaan Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa di SMA Ronggolawe Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku agresif siswa di SMA Ronggolawe Semarang, dan bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan menangani perilaku agresif siswa di SMA Ronggolawe Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Field Research, yaitu sebuah penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data, seperti angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif siswa di SMA Ronggolawe Semarang berupa perilaku agresif yang dilakukan secara fisik, perilaku agresif yang dilakukan secara verbal, dan perilaku agresif yang ditujukan pada benda atau obyek mati. Dan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di SMA Ronggolawe Semarang dalam menangani perilaku agresif siswa berupa mujahadah asma’ul husna, yasin dan tahlil, serta membaca al-Qur’an dan terjemahannya. Bimbingan keagamaan tersebut diberikan dan diawasi langsung oleh guru Agama, kemudian dievaluasi oleh guru BP. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat perubahan tingkah laku siswa, yang sebelumnya berupa perilaku agresif berubah menjadi perilaku yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorThowaf, Siti MunawarohNIDN9920112330
Thesis advisorArikhah, ArikhahNIDN2029116902
Uncontrolled Keywords: Agresivitas; Perilaku anak; Bimbingan Keagamaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:07
Last Modified: 02 Jul 2020 07:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item