Strategi pembelajaran PAI dalam menghadapi ujian kenaikan kelas tahun ajaran 2007/2008 di SMP N 31 Semarang

Fathurridho, M. (2009) Strategi pembelajaran PAI dalam menghadapi ujian kenaikan kelas tahun ajaran 2007/2008 di SMP N 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104065_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104065_Skripsi_Lengkap)
3104065_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muhammad Fathurridho (3104065). Strategi Pembelajaran PAI dalam Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Tahun Ajaran 2007/2008 di SMP N 31 Semarang. Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perencanaan pembelajaran PAI yang disusun oleh guru, dan 2). Penerapan strategi dalam implementasi pembelajaran pada kelas VIII di SMP N 31 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Sedangkan metode induktif yaitu suatu pengambilan keputusan dengan menggunakan pola pikir yang berangkat dari fakta-fakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang sifatnya umum.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: a. Perencanaan pembelajaran PAI yang disusun oleh guru secara umum telah sesuai dengan panduan yang ditetapkan oleh BSNP. Akan tetapi, pada beberapa aspek dapat dilihat perencanaan tersebut kurang dipertimbangkan dengan matang. pendekatan dan metode yang dirumuskan kurang dipertimbangkan berdasarkan karakteristik materi dan sifat tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan belajar mengajar pada tiap satuan kegiatan, b. Secara global, penerapan strategi dalam implementasi kegiatan belajar mengajar di SMP N 31 Semarang terlaksana dengan baik. Bahkan, beberapa aspek seperti variasi pendekatan dan metode yang belum dirumuskan dengan matang dalam perencanaan telah diterapkan dengan baik.
Beberapa faktor yang mendukung pelaksanaan strategi pembelajaran mata pelajaran PAI di SMPN 31 Semarang terdapat pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, sarana prasarana, dan lingkungan yang memadai. Adapun faktor penghambatnya terdapat pada minimnya potensi/kemampuan keagaman sebagian peserta didik, minimnya motivasi belajar siswa, kurangnya dukungan dari orang tua dan masyarakat.
Babarapa tindakan yang diambil, baik oleh guru PAI maupun oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas keberagamaan siswa melalui pembelajaran PAI menjelang ujian kenaikan kelas tahun ajaran 2007/2008, diantaranaya: a). Mensiasati kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna dengan mengutamakan komunikasi aktif dan harmonis antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan sumber belajar yang ada, b). Mengefektifkan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTA) untuk mendukung pembelajaran PAI, c). Memberikan penyuluhan kepada orang tua siswa untuk berperan aktif mendukung peningkatan keagamaan siswa dengan pengawasan dan penanaman motifasi belajar terhadap peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi siswa, para guru, kepala sekolah dan sivitas akademika SMP Negeri 31 Semarang terutama dalam meningkatkan kualitas/ kemampuan keagamaan peserta didik melalui kegiataan pembelajaran PAI yang terstruktur dengan organisasi dan strategi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics