Peningkatan Kualitas Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Mu’allimin Mu’allimat Rembang (Perspektif Manajemen Dakwah Periode 2011-2012)

Azqiyah , Ida (2012) Peningkatan Kualitas Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Mu’allimin Mu’allimat Rembang (Perspektif Manajemen Dakwah Periode 2011-2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
081311005_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bab6.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081311005_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1).Mengetahui bagaimana kondisi kualitas akhlaq siswa di madrasah mu’allimin mu’allimat Rembang. 2). Mengetahui bagaimana sistem manajemen dakwah di madrasah mu’allimin mu’alillamat Rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai tehnik analisis data dan menggunakan pendekatan manajemen. Penelitian ini menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sebagai pengumpul data. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam kegiatan di madrasah mu’allimin mu’allimat Rembang, telah berjalan dengan baik.Kegiatan yang meningkatkan kedisiplinan dan meningkatkan akhlaq siswa telah diterapkan supaya terbentuk sikap yang santun dalam hal apapun.Peningkatan akhlaq ini semakin terlihat karena siswa mulai memahami tata tertib yang ada di madrasah, bukan karena takut terhadap sanksi melainkan siswa wajib menjaga almamater madrasah.Walaupun lingkungan madrasah yang mulai rentan akan hal-hal yang dianggap negatife oleh masyarakat tapi siswa bisa menjaga nama baik madrasah. Kegiatan-kegiatan siswa juga sudah berjalan dengan tertib tanpa harus ada paksaan dari pihak guru karena mereka menyadari kewajiban mereka di sekolah adalah belajar, maka dari itu kedisiplinan, tanggungjawab harus dimiliki oleh siswa.Hal ini dibuktikan dengan adanya program jangka pendek dan program jangka panjang dan terjadwalnya kegiatan-kegiatan siswa. Setelah itu mengorganisasikan, menggerakan serta mangarahkan siswa mengikuti dalam mencapai tujuan serta mengadakan pengawasan dalam penyelenggaraannya.Implikasi dari efektifitas manajemen dakwah madrasah mu’allimin mu’allimat Rembang cukup efektif akan tetapi kurang inovatif dan optimal dalam pelaksanaan manajemennya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapakan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, aktifitas akademika fakultas dakwah IAIN Walisongo, masyarakat, lembaga-lembaga sosial Islam maupun pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak Siswa; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 20 Dec 2013 03:24
Last Modified: 20 Dec 2013 03:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item