Studi manajemen layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak

Mas’udi, Mas’udi (2009) Studi manajemen layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102296_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102296_Skripsi_Lengkap)
3102296_Skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Karena penelitian ini tergolong penelitian non hipotesis, maka dalam menganalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dimana setelah memperoleh data kemudian data tersebut dikumpulkan, disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kesimpulan secara umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak bertujuan untuk membantu peserta didik dalam membina kepribadiannya, memecahkan masalahnya, dan mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berilmu yang berlandaskan pada syariat islam.
Layanan bimbingan dan konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan. Terselenggaranya program bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Batursari Mranggen Demak yang sistematis ini memerlukan adanya pengelolaan (manajemen) yang baik sejak dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan agar ada kejelasan arah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Pengorganisasian dimaksudkan agar semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling dapat mengetahiu secara jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya masing-masing. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling merupakan inti dari layanan bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat penyampaian layanan dan penerapan metode dan teknik. Sedangkan pengawasan atau supervisi bertujuan untuk mengarahkan seluruh kegiatan layanan bimbingan dan konseling sehingga kekurangan atau penyimpangan dari hal-hal yang tidak direncanakan dapat dicegah. Sedangkan evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari layanan bimbingan dan konseling dan sebagai dasar pertimbangan bagi pengembangannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi sumber informasi dan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menejemen Layanan; Bimbingan Konseling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11420

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics