Pengaruh zikir terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional di MA NU 06 Cepiring

Shofi, Akhmad Nur (2009) Pengaruh zikir terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional di MA NU 06 Cepiring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_4103080_Skripsi_Lengkap)
4103080_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Pengaruh Zikir Terhadap Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional di MA NU 06 Cepiring” ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh zikir terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan, bahwa ujian nasional (UN) 2008 yang mempunyai kriteria kelulusan yang sangat berat, secara tidak langsung berakibat pada psikis para siswa peserta UN. Perasaan cemas, khawatir dan takut bisa muncul pada seseorang ketika dihadapkan pada sesuatu yang belum terjadi. Kondisi ini juga yang dirasakan oleh para siswa yang akan menghadapi ujian nasional. Pada umumnya mereka diliputi rasa cemas akan sesuatu yang tidak diinginkan dan mungkin terjadi pada diri mereka. Untuk meminimalisasi hal-hal negatif yang terjadi, banyak sekolah yang memberikan program spiritual kepada para siswa untuk menghadapi ujian nasional seperti halnya zikir. Secara esensial, zikir merupakan solusi kejiwaan dan merupakan ketenteraman bagi hati yang galau dan takut. Zikir bermanfaat untuk mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati. Zikir juga merupakan jalan atau alat satu-satunya yang dapat mengantarkan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penilitian field research yaitu mengadakan penelitian di kancah atau medan terjadinya gejala-gejala. Dengan menggunakan analisis statistik yang dibantu dengan memanfaatkan program komputer statistical packages for social science (SPSS). Peneliti mengadakan penelitian di MA NU 06 Cepiring Kendal, dengan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan alat ukur/skala kecemasan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis varians 2 jalur (ANAVA), yakni analisis varians klasifikasi ganda yang digunakan untuk menguji pengaruh zikir terhadap kecemasan siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh koefisien total F= 4.134 dengan signifikansi total p= 0.087 yang menunjukkan hasil tidak signifikan. Namun, ada perbedaan kecemasan antara kelompok yang mengikuti zikir dan yang tidak, jika variabel moderator jenis kelamin diperhitungkan dalam ANAVA 2 jalur. Hasil pada item jenis kelamin memperoleh koefisien F= 8.405 dengan nilai signifikansi p= 0.004 hasil tersebut menunjukkan signifikan. Namun secara keseluruhan dari beberapa variabel yang ada, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian yang diperoleh tersebut menunjukkan tidak signifikan, artinya zikir tidak berpengaruh terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional di MA NU 06 Cepiring.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorInamuzzahidin, MuhNIDN2020107701
Thesis advisorFitriyati, FitriyatiNIDN2025076901
Uncontrolled Keywords: Zikir; Mental; Ujian Akhir Nasional (UAS)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:09
Last Modified: 02 Jul 2020 07:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item