Pola asuh orang tua pekerja pabrik bagi anak-anaknya yang sekolah di MTs Nurul Hidayah Desa Margohayu Kec. Karangawen Kab. Demak

Sonhaji, Sonhaji (2008) Pola asuh orang tua pekerja pabrik bagi anak-anaknya yang sekolah di MTs Nurul Hidayah Desa Margohayu Kec. Karangawen Kab. Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101354_sonhaji]
Preview
Text (skripsi_3101354_sonhaji)
3101354_SONHAJI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sonhaji ( NIM : 3101354 ). Pola Asuh Orang Tua Pekerja Pabrik Bagi Anak – anaknya yang sekolah di MTs Nurul Hiadayah Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.
Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua pekerja pabrik bagi anak – anaknya yang sekolah di MTs Nurul Hidayah desa Margohayu kecamatan Karangawen kabupaten Demak.
Penelitian ini menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian sebayak 11 responden.
Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah data kualitatif, untuk itu data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, karena penelitian ini tidak menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan dalam memberikan penafsiran terhadap hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pola asuh orang tua merupakan cara orang tua dalam mendidik, mengasuh serta merawat anaknya sebagai perwujudan dari tanggung jawab kepada anak, ada beberapa bentuk pola asuh diantara Demokratis, otoriter dan permisif.
Dalam pelaksanaan pola asuh ada beberapa cara atau metode yang dapat diterapkan orang tua dalam mengasuh anaknya yaitu keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan hukuman. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pekerja pabrik bagi anak – anaknya yang sekolah di MTs Nurul Hidayah desa Margohayu kecamatan Karangawen kabupaten Demak tidak hanya satu pola, namun lebih dari satu yaitu pola asuh demokratis dan otoriter.Dalam melaksanakan pola asuh sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan oleh orang tua yaitu keteladanan, pembiasaan, nasehat dan pemberian hukuman, namun orang tua pekerja pabrik yang anak-anaknya sekolah di MTs Nurul Hidayah Margohayu Karangawen Demak mayoritas masih hanya menggunakan metode nasehat dan hukuman, hal ini di sebabkan oleh kesibukan bekerja dan pendidikan mereka yang masih tergolong rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan para orang tua khususnya orang tua pekerja pabrik yang anak – anaknya sekolah di MTs Nurul Hidayah desa Margohayu Kecamatan Karangawen kabupaten Demak, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua; Pendidikan anak; Pekerja pabrik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:02
Last Modified: 30 Jun 2020 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics