Poligami di kalangan kyai : studi tentang alasan kyai berpoligami Di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Mahmudah, Siti (2009) Poligami di kalangan kyai : studi tentang alasan kyai berpoligami Di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_0421111131_Skripsi_Lengkap)
2104131_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (956kB) | Preview

Abstract

Poligami di kalangan kyai (studi tentang alasan kyai berpoligami di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal). Rumusan Masalah: 1.) Bagaimana persepsi Kyai di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal terhadap hukum poligami? 2.)Apa alasan Kyai di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal melakukan poligami?. Penelitian ini bertujuan: 1.) Untuk mengetahui persepsi Kyai tentang Hukum Poligami.2.) Untuk mengetahui alasan Kyai di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal yang berpoligami. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dalam hal ini adalah mengenai persoalan yang berkaitan dengan poligami. Sehingga penelitian ini juga bisa disebut penelitian kasus atau studi kasus (case study) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun lokasi yang menjadi obyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal dengan pertimbangan bahwa di daerah tersebutlah banyak terjadi poligami dikalangan kyai. Untuk sumber datanya diperoleh dari informan khusus yaitu kyai yang melakukan poligami sebagai sumber data primer dan data skundernya dari informan umum. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan interview atau wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan system deskriptif analisis. Dari hasil penelitian dan analisa data dapat disimpulkan bahwa jumlah kyai yang melakukan poligami di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal sebanyak 10 kyai, masing-masing mempunyai dua orang istri dan yang menjadi sample sebanyak 9 kyai, sedangkan ada satu kyai yang tidak mau dimintai keterangan mengenai perkawinan poligaminya. Dari semua persepsi para kyai tentang hukum poligami di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, pada dasarnya para kyai melakukan poligami hanya beracuan pada apa yang tertulis dalam Al-Qur’an yaitu QS. An-Nisa’ ayat: 3, sedangkan arti adil yang dituntut dalam ayat ini, sebagian kyai kurang kurang memperhatikan selain itu sebagian kyai hanya berpegang pada syari’at islam, sedangkan pengetahuan pada Undang-Undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan kurang paham dan kurang diperhatikan terutama tentang syarat-syarat poligami. Dan alasan yang menyebabkan kyai berpoligami, sebagian dari alasan tersebut tidak mermenuhi syarat dalam pengadilan. Sehingga sebagian dari kyai melakukan poligami denga cara nikah siri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorShobir, MuslichNIDN2030065601
Thesis advisorAnwar, KhoirulNIDN2020046901
Uncontrolled Keywords: Poligami; Kyai; Gemuh; Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:09
Last Modified: 02 Jul 2020 07:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item