Studi tentang manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di MAN Brebes I

Dastro, Dastro (2008) Studi tentang manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di MAN Brebes I. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101365_dastro]
Preview
Text (skripsi_3101365_dastro)
3101365_DASTRO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dastro (3101365) Studi tentang Manajemen Kurikulum PAI di MAN Brebes I. Skripsi, Semarang: Program Strata I Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang 2008.
Permasalahan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kurikulum PAI di MAN Brebes I; 2) Bagaimana problematika manajemen kurikulum PAI di MAN Brebes I dan upaya pemecahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum PAI di MAN Brebes I dan untuk mengetahui problematika manajemen kurikulum PAI di MAN Brebes I dan upaya pemecahannya.
Skripsi ini jenis datanya adalah jenis data kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu pendekatan penelitian yang diarahkan pada memahami fenomena sosial dari perspektif partisipan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket di lapangan, yaitu di MAN Brebes I. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data penelitian deskriptif, yaitu persentase dan komparasi dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pendidikan Nasional, dan sekaligus Tujuan Pendidikan Islam yang diharapkan, diperlukan sebuah manajemen kurikulum PAI berbasis KTSP yang meliputi: 1) Perencanaan, yaitu menyusun tujuan utama KTSP PAI: kompetensi PAI. Pengembangan program tahunan, semester, modul, mingguan dan harian harus sesuai dengan tujuan/kompetensi yang telah ditetapkan. 2) Pengorganisasian, yaitu dengan pembagian tugas dan tanggung jawab guru PAI dan guru bimbingan konseling, menyediakan pengajaran remedial dan pengayaan. 3) Pelaksanaan, yaitu tugas guru PAI yang paling utama adalah mengondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku ke arah yang lebih baik bagi peserta didik, dengan menguasai kompetensi PAI dan life skill. 4) Pengawasan/pengendalian, yaitu meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan pengambilan langkah tindak lanjut.
Hasil analisis problematika manajemen kurikulum PAI berbasis KTSP di MAN Brebes I di antaranya: 1) Faktor kurikulum, problematikanya adalah di dalam kurikulum 2006 terdapat keleluasaan madrasah untuk mengadakan kurikulum sendiri, di samping itu waktu (jam pelajaran) yang terbatas. 2) Faktor guru, problematikanya adalah belumlah ditemukan suatu pendekatan tunggal yang berhasil menangani semua peserta didik untuk mencapai berbagai tujuan. 3) Faktor peserta didik, problematikanya adalah sebagian motivasi peserta didik masuk ke MAN Brebes I adalah karena dorongan orang tua atau tidak diterima di sekolah favorit, di samping itu memang perasaan yang masih ambivalensi, dan juga kemampuan peserta didik heterogen. 4) Faktor proses, problematikanya adalah masih terdapat kecenderungan bersifat memaksakan target bahan ajar, bukan pada pencapaian dan penguasaan kompetensi. 5) Faktor fasilitas, problematikanya adalah kurangnya fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar PAI dan sulit untuk mencapai kompetensi PAI peserta didik.
Sedangkan upaya pemecahan problematika itu adalah: 1) Guru-guru PAI lebih banyak melibatkan dalam penyusunan KTSP, sehingga mereka akan memahami benar substansi kurikulum PAI dan cara implementasinya secara tetap. 2) Guru-guru PAI berupaya mengembangkan profesionalismenya, yaitu mengembangkan mutu, kualitas, dan tindak tanduknya. 3) Keterpaduan pembelajaran PAI secara komprehensif (menyeluruh) yang meliputi: keterpaduan proses, materi, dan penyelenggaraan dengan lebih menekankan keterpaduan antara tiga lingkungan pendidikan, yaitu: lingkungan keluarga, sekolah/madrasah, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:19
Last Modified: 30 Jun 2020 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics