Konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam perspektif progresivisme

Taufik, Sarwo Imam (2008) Konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam perspektif progresivisme. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101371_sarwo_imam_taufiq]
Preview
Text (skripsi_3101371_sarwo_imam_taufiq)
3101371_Sarwo_Imam_Taufiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sarwo Imam Taufik (NIM. 3101371). Konsep Pendidikan Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-’Alim wa al-Muta’allim dalam Perspektif Progresivisme. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui 1). Konsep pendidikan menurut Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. 2) Konsep Progresivisme dalam pendidikan. 3) Konsep pendidikan menurut Hasyim Asy'ari dalam kitab al-Adab al-‘Alim wa al-Muta'allim dalam perspektif Progresivisme.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan filosofis dan hermeneutik. Pengumpulan data dilakukan dengan merecover dan menelusuri berbagai pustaka yang berkaitan dengan tema studi. Data yang terkumpul dianalisis dengan: 1) Deskriptif analisis yakni memberikan gambaran yang jelas dan akurat sekaligus menganalisis pemikiran-pemikiran Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan dalam perspektif Progresivisme. 2) Metode content analysis untuk mengungkapkan dan mengetahui kerangka berfikir Hasyim Asy’ari mengenai pendidikan yang tertuang dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim untuk selanjutnya dicari pesan-pesan yang terkandung dalam kitab tersebut. 3) Metode historis guna mengungkap pemikiran Hasyim Asy’ari ditinjau dari segi sejarahnya sesuai dengan realita atau tidak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari dan progresivisme memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Tujuan pendidikan menurut K.H. Hasyim Asya’ri adalah untuk membentuk tatanan masyarakat yang beretika. Sementara itu konsep tujuan pendidikan Progresivisme berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan manusia. Proses pembelajaran yang dibangun K.H. Hasyim Asy’ari terkesan lebih memusatkan pada guru sedangkan Progresivisme lebih memusatkan pada anak didik. Perbedaan tersebut merupakan akibat dari perbedaan konsepsi tentang ilmu dimana K.H. Hasyim Asy’ari tampak melihat ilmu sebagai sesuatu yang terus berkembang dan bersumber pada pengalaman empiris. Oleh karena itu, orientasi utama konsep pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari adalah pada aspek moralitas, sementara Progresivisme pada aspek kecerdasan anak.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan progresif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:26
Last Modified: 30 Jun 2020 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics