Implementasi pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam di play group matahari Jepara

Maghfiroh, Siti rohmatul (2009) Implementasi pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam di play group matahari Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM3103172_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM3103172_Skripsi_Lengkap)
3103172_fullpdf_UP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis non statistik yang menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam mengumpulkan data, kemudian di analisis menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Beyond Center And Circle Time (BCCT) mampu menanamkan nilai-nilai agama Islam bagi siswa di Play Group Matahari Jepara dengan baik.
Pendekatan sentra merupakan sebuah pendekatan pembelajaran dimana siswa di kelompokkan kedalam sentra-sentra belajar yang berbeda yang disesuaikan dengan tingkat usia siswa, sedangkan saat lingkaran adalah saat dimana pendidik duduk bersama siswa dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan kepada anak sebelum dan sesudah bermain. Sedangkan pendidik lebih banyak berperan sebagai motivator dan fasilitator dengan memberikan pijakan-pijakan agar kegiatan anak dapat terarah dengan baik. Dan materi yang di ajarkannyapun di sesiaikan dengan Tingkat usia siswa agar tercipta pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran.
Penyediaan sentra dalam pembelajaran dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time(BCCT) dapat membuat siswa merasa lebih memiliki waktu dan kesempatan untuk mengekspresikan bakat dan minat siswa, karena para pendidik adalah sebagai fasilitator yang membantu siswa bila di butuhkan, pendidik tidak pernah menuntut peserta didik untuk memenuhi keinginan pendidik.
Dalam proses pembelajarannya agama Islam tidak hanya di internalisasikan dalam sentra iman dan taqwa saja melainkan pada semua sentra, seperti berdo’a sebelum mengawali pelajaran, membaca do’a-do’a pendek, menyanyikan lagu-lagu keagamaan, dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan islam ; play group
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:09
Last Modified: 02 Jul 2020 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics