Hubungan antara persepsi siswa pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester I pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia di MTs N Lebaksiu Tegal

Isnaeni, Ida (2009) Hubungan antara persepsi siswa pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester I pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia di MTs N Lebaksiu Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104092_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104092_Skripsi_Lengkap)
3104092_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ida Isnaeni (NIM 3104092) Hubungan antara Persepsi Siswa pada Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII Semeser I pada Materi Pokok Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia di MTs N Lebaksiu Tegal. Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Jurusan Tadris Biologi, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : hubungan antara persepsi siswa pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester I pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia di MTs N Lebaksiu Tegal.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tehnik korelasional. Sampel penelitian diambil dari peserta didik jumlah 30 orang, yaitu 17 % dari populasi sebesar 181 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini terdapat 2 variabel, yaitu media audio visual sebagai variabel bebas atau independent (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat atau dependent (Y). sedangkan pengumpulan data untuk variabel (X) menggunakan angket dan pengumpulan data untuk variabel (Y) menggunakan dokumentasi hasil ulangan harian.
Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik korelasi diperoleh hasil yang disesuaikan dengan rtabel, pada taraf signifikansi 1 % (0,478) maupun 5 % (0,374) dengan nilai koefisien korelasi rxy = 0,4972
Hasil tersebut dapat diartikan bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester I pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia di MTs N Lebaksiu Tegal yang membuktikan hipotesis yang ada dapat diterima dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, diharapkan : 1) sebagai bahan masukan bagi guru, khususnya guru Biologi untuk dapat memanfaatkan media audio visual secara efektif dalam proses belajar mengajar; 2) sebagai pijakan awal bahwa penggunaan media audio visual sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Media Audio Visual; Pendidikan Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:36
Last Modified: 02 Jul 2020 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics