Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 18 Semarang

Rohman, Noor (2009) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102328_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102328_Skripsi_Lengkap)
3102328_skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMP N 18 Ngaliyan Kabupaten Semarang; (2) untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi pada Implementasi KTSP terhadap mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 18 Ngaliyan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2007/2008; (3) untuk mengetahui solusi yang sesuai untuk diterapkan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif (field research) kualitatif berarti berdasarkan kualitas atau mutunya dan deskriptif berarti penggambaran atau pemaparan apa adanya. Jadi kualitatif deskriptif bermakna penelitian yang berupa menggambarkan keadaan suatu obyek penelitian berdasarkan kualitas item yang didapat dalam penelitian, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan pola pikir induktif .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP N 18 Semarang telah menerapkan KTSP mulai tahun pelajaran 2006/2007. Sementara untuk silabus yang digunakan adalah dari hasil pengembangan silabus oleh tim MGMP PAI Kabupaten Semarang. Sebagai sekolah standar nasional SMP N 18 Semarang di nilai siap dalam menerapkan KTSP. Di lihat dari program-program jangka panjang yang lebih mengutamakan kualitas pendidikan, implementasi KTSP di SMP N 18 dalam mata pelajaran PAI masih belum optimal dalam pelaksanaan, karena dalam pembelajaran masih menggunakan pola lama yaitu guru lebih mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Evaluasi yang digunakan juga masih menggunakan sistem lama, yaitu masih terfokus pada ranah kognitif saja, sementara untuk ranah afektif dan psikomotorik masih belum terlaksana dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; KTSP; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:36
Last Modified: 02 Jul 2020 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics