Terapi holistik bagi penyembuhan penyakit: studi analisis di Paguyuban Tri Tunggal Semarang

Mulyono, Puput (2009) Terapi holistik bagi penyembuhan penyakit: studi analisis di Paguyuban Tri Tunggal Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4104018_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4104018_Skripsi_Lengkap)
4104018_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecanggihan dunia medis sekarang ini nampaknya mulai diiringi oleh perkembangan berbagai pengobatan alternatif yang menjamur di berbagai tempat. Bahwa kehadiran pengobatan alternatif tersebut tidak dapat dipungkiri peranannya dalam ikut menyehatkan masyarakat. Hal ini merupakan fenomena tersendiri bahwa penyakit yang di derita manusia tidak selamanya dapat disembuhkan dengan obat medis atau kecanggihan perangkat kedokteran. Akan tetapi patut diakui juga banyak yang sembuh dari penyakit yang dideritanya dengan terapi holistik. Diantara ragam terapi holistik adalah terapi penyembuhan jarak jauh, transfer penyakit ke hewan dan ruwatan.
Terapi holistik adalah terapi yang bertujuan untuk menangani individual sebagai satu kesatuan yang mencakup tubuh halus dan tubuh jasmani dengan mendasarkan kondisi kejiwaan sebagai yang utama.
Dalam penelitian ini akan diuraikan tentang hal yang menjadi rumusan masalah yaitu konsep terapi holistik bagi penyembuhan penyakit di Paguyuban Tri Tunggal Semarang.
Adapun maksud dan tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana terapi holistik dan hubungannya terhadap penyembuhan penyakit di Paguyuban Tri Tunggal Semarang. Dengan mendeskripsikan konsep terapi holistik bagi penyembuhan penyakit di Paguyuban Tri Tunggal Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data secara observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisa penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat.
Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa terapi holistik terdiri dari tiga jenis terapi yaitu terapi penyembuhan jarak jauh, transfer penyakit ke hewan dan ruwatan. Di dapat pula kekurangan dari terapi holistik di Paguyuban Tri Tunggal Semarang yaitu tidak mempunyai alat pengukuran (diagnosa) suatu penyakit secara pasti, hanya menggunakan kain rajah yang diselimutkan ke bagian tubuh pasien yang sakit, tempat praktek terapi yang lumayan jauh dari pusat kota Semarang. Sedangkan kelebihan terapi holistik di Paguyuban Tri Tunggal Semarang yaitu tidak memakai obat-obatan kimia sehingga dari segi medis tidak mempunyai efek samping, biaya terapi relatif murah karena bersifat sukarela, pengobatannya secara holistik (menyeluruh) jasmani dan rohani seimbang, tidak menggunakan kekuatan jin (khodam) karena hanya memohao ridho Allah semata

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi Holistik; Pengobatan Alternatif; Penyakit
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics