Peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sayung Demak : sebuah pendekatan kurikulum tingkat satuan pendidikan

Muda'i, Shidqul (2008) Peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sayung Demak : sebuah pendekatan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3102064_shidqul_mudai]
Preview
Text (skripsi_3102064_shidqul_mudai)
3102064_SHIDQUL_MUDAI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shidqul Muda’i (NIM. 3102064) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sayung Demak (Sebuah Pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Program Strata 1 Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pihak sekolah khususnya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dalam tinjauan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset lapangan (field research) yaitu dengan mengumpulkan data-data yang berupa dokumen, kata-kata atau gambar yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif melalui proses berpikir induktif yaitu proses berpikir yang berangkat dari fakta-fakta di lapangan untuk kemudian diambil satu kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sayung Demak dapat di kategorikan baik, hal ini dapat di ketahui dari data hasil observasi dan wawancara. Kriteria kualitas pembelajaran PAI dapat dilihat dari segi proses dan segi hasil. Dari segi proses dikatakan berkualitas apabila seluruhnya atau sebagian besar peserta didik terlibat aktif baik fisik, mental maupun sosial dalam pembelajaran. Dari segi hasil dikatakan berkualitas apabila terjadi perubahan perilaku ke arah yang positif dari diri peserta didik seluruhnya atau sebagian besar. Peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sayung Demak tidak hanya ditekankan pada guru saja tetapi pada komponen-komponen lain misalnya kebijakan kepala sekolah, peserta didik, lingkungan sekitar dan peran serta dari orang tua peserta didik dalam mendukung program-program sekolah. Maka dalam hal ini dibutuhkan kerja sama yang baik dan solid antara berbagai pihak. Adapun upaya yang dilakukan antara lain adalah:1) Meningkatkan kemampuan profesional guru PAI, 2)Menumbuhkan kreatifitas guru, 3)Mengadakan konsultasi keagamaan bagi peserta didik, 4)Menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan, 5)Meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Disamping itu dalam hal pembelajaran PAI upaya yang dilakukan adalah; 1) Menerapkan model pembelajaran Paikem, 2) Menerapkan model pembelajaran CTL, 3) Menerapkan model pembelajaran Terpadu atau Tematik, 4) Menerapkan Penilaian Berbasis Kelas (PBK).

Dengan adanya upaya-upaya tersebut diharapkan pembelajaran PAI menjadi lebih berkualitas dan dapat menghasilkan peserta didik yang mempunyai ahlak yang baik, bertanggung jawab, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Pendidikan agama Islam (PAI); Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2020 07:26
Last Modified: 01 Jul 2020 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics