Implementasi pembelajaran tematik melalui metode moving class dalam pembelajaran PAI di SDIT Bina Amal Semarang

WIDYASTUTI, FIRTIA IVA (2009) Implementasi pembelajaran tematik melalui metode moving class dalam pembelajaran PAI di SDIT Bina Amal Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3103062_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3103062_Skripsi_Lengkap)
3103062_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana Implementasi sistem pembelajaran tematik melalui metode moving class dalam pembelajaran PAI di SDIT Bina Amal Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu Prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang di amati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi, data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan disimpulkan dengan metode induktif serta dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi sistem pembelajaran moving class untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran PAI di SDIT Bina Amal Semarang menghasilkan lima bentuk metode membaca dan menulis, metode hafalan, metode demontrasi, metode cerita, metode pembiasaan diri. secara umum metode ini diterapkan melalui tiga tahapan yaitu tahapan kegiatan awal, inti dan penutup, dalam hal ini kegiatan pembelajaran PAI melalui metode-metode pembelajaran tematik moving class sudah hampir mendekati teori yang diterapkan di lembaga itu. Hal ini dibuktikan dengan persaiapan guru dalam mempraktekan pembelajaran tematik salah satu di antaranya mengelompokan kompetensi dasar sejenis atau beririsan dari masing-masing mata pelajaran, membuat silabus sesuai dengan tema untuk masing-masing mata pelajaran. Dalam hal ini evaluasi siswa mencakup tiga ranah yaitu afektif, psikomotorik, kognitif tersebut, dengan maksud siswa mampu menguasai dan memahami materi yang di sampaikan oleh guru.Upaya dalam pembelajaran agar menghasilkan yang optimal maka guru kompetensi selalu bekerjasama dengan guru wali kelas dalam memantau perkembangan siswa di lingkungan sekolah pada khususnya.
Sistem pembelajaran di SDIT Bina Amal adalah menggunakan moving class (kelas berputar) dan kelas kompetensi yang di bagi menjadi kelas kompetensi agama, kelas kompetensi bahasa, kelas kompetensi matematika, kelas kompetensi sains. Penggunaan moving class di maksudkan untuk menanamkan sejak awal pada diri siswa kebiasaan mencari ilmu dari banyak sumber. Sedang kelas kompetensi agar belajar siswa bisa fokus. Pendekatan yang di gunakan dalam proses belajar mengajar di SDIT Bina Amal adalah bermain sambil belajar dengan prinsip pembelajaran yang menyenangkan, mengoptimalkan potensi dan bermanfaat, materi pembelajarannya di berikan secara tematik, yang di sajikan dengan perpijak pada tema pembelajaran dalam rentang waktu tertentu dalam bentuk tema yang bisa dibahas dan di eksplorasi dari berbagai sisi pelajaran. Penelitian ini di harapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi dunia pendidikan untuk menginfokan bahwa pentingnya metode pembelajaran tematik melalui metode moving class.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik; Moving Class; Pendidikan Agama Islam; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics