Efektifitas metode diskusi dalam pembelajaran biologi kelas x MA Uswatun Hasanah Semarang

Sari, Rahmawati Indria (2008) Efektifitas metode diskusi dalam pembelajaran biologi kelas x MA Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104105_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104105_Skripsi_Lengkap)
3104105_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini membahas tentang efektifitas metode diskusi dalam pembelajaran Biologi kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui efektifitas metode diskusi dalam pembelajaran Biologi X MA Uswatun Hasanah Semarang dan 2). Bagaimana prestasi belajar siswa kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang dan metode diskusi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena hasil penelitian ini memaparkan hasil penelitian di lapangan, yaitu dari hasil perolehan data dengan hasil data yang diperoleh peneliti menjelaskan mengenai peranan metode diskusi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan : 1). Metode observasi, dalam observasi yang dilakukan adalah observasi di kelas untuk melihat langsung bagaimana kegiatan yang dilaksanakan oleh individu maupun kelompok yang diamati, dalam observasi peneliti mengamati kegiatan belajar Biologi yang dilakukan dengan metode diskusi dimana guru menjelaskan siswa dengan sejelas-jelasnya materi yang akan di diskusikan. Antusiasme siswa terlihat lebih baik dan aktif dalam pembelajaran berlangsung, kegiatan diskusi dilakukan pada materi pokok ruang lingkup Biologi, siswa bergiliran menyampaikan pendapat tentang bagaimana apa saja obyek yang dikaji pada ruang lingkup biologi, dilanjutkan dengan mempresentasikannya di depan kelas dengan yang lainnya memberikan komentar dan pendapat. 2). Metode wawancara, dalam wawancara yang dilakukan adalah mewawancarai guru guna mengetahui bagaimana pelaksanaan metode diskusi dalam proses belajar mengajar. 3). Metode dokumentasi, dalam dokumentasi yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan data-data yang berupa dokumen sekolah yang digunakan untuk memperjelas penelitian. Sampel penelitian sebanyak 46 responden.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi berperan baik dalam pembelajaran biologi siswa kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang. Dilihat dari hasil nilai hasil ulangan harian pada materi pokok ruang lingkup Biologi menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi pokok ruang lingkup Biologi mencapai target yang di inginkan,yaitu bisa menempuh KKM yang di tentukan pada mata pelajaran biologi kelas X MA uswatun hasanah. Dengan hasil tersebut metode diskusi bisa dijadikan acuan bagi para guru sebagai alternatif metode mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Diskusi; Pendidikan Biologi; Biologi SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics