Peran wanita karir dalam pendidikan akhlak anak di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

Setyaningrum, Ike Desy (2008) Peran wanita karir dalam pendidikan akhlak anak di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103004_eka_desy_setyaningrum]
Preview
Text (skripsi_3103004_eka_desy_setyaningrum)
3103004_eka_desy_Setyaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ike Desy Setyaningrum (3103004) Peran Wanita Karir dalam Pendidikan Akhlak Anak di Desa Danyang Kec. Purwodadi Kab. Grobogan. Skripsi Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wanita karier dalam pendidikan akhlak anak di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang merupakan sebuah pendekatan logika-logika serta teori-teori yang sesuai dengan lapangan. penelitian ini lebih memfokuskan pada ruang lingkup masalah penelitian yang bertumpu pada studi tentang peran wanita karier dalam pendidikan Akhlak Anak di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Data penelitian ini diperoleh melalui metode interview, observasi, dan dokumentasi. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Peran Wanita Karier dalam Pendidikan Akhlak Anak di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan di lakukan dengan memberikan perhatian yang lebih ketika ada waktu senggang dan memaksimalkan waktu itu sehingga pertemuan itu menjadi berkualitas bagi pendidikan anak dalam membentuk akhlaknya, selain itu wanita karier di Desa Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan melakukan proses kemitraan yang baik dengan suami dalam mendidik anak, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh wanita karier dalam memdidik anak-anaknya yaitu memberikan suri teladan yang baik kepada anak-anaknya, menyekolahkan anak-anak mereka ke madrasah, baik yang formal maupun yang non formal, memanggil guru privat untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara membaca al-qur’an an pelajaran agama lainnya, menitipkan anak-anak mereka kepada guru yang menurut mereka bisa dipercaya untuk menjaga anak-anak mereka, menasehati anak-anak mereka ketika mereka (orang tua) sedang berada di rumah.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Pendidikan anak; Wanita karir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:30
Last Modified: 02 Jul 2020 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics