Pengaruh persepsi siswa pada penggunaan media charta dalam pembelajaran biologi materi pokok fotosintesis terhadap hasil belajar kelas viii di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang

MUSRIATUN, MUSRIATUN (2009) Pengaruh persepsi siswa pada penggunaan media charta dalam pembelajaran biologi materi pokok fotosintesis terhadap hasil belajar kelas viii di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3104117_Skripsi_Lengkap)
3104117_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui penggunaan media charta dalam pembelajaran biologi materi pokok fotosintesis kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang, 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang, 3). Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada penggunaan media charta terhadap hasil belajar kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survai dengan teknik analisis regresi. Sedangkan teknik analisis regresi yang digunakan adalah teknk analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Teknik ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara variabel (ubahan) kriterium dan prediktor. Penggunaan media charta dalam pembelajaran biologi di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang menunjukkan mean sebesar 65,9 ini berarti bahwa penggunaan media charta dalam pembelajaran biologi di MTs. NU Nurul Huda dalam kategori “Sedang” yaitu pada frekuensi 23,08% yang berada pada interval 64-70. Hasil belajar siswa kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang menunjukkan perolehan mean sebesar 71,2 ini berarti bahwa hasil belajar siswa kelas VIII dalam kategori “Sedang” yaitu pada frekuensi 43,59% yang berada pada interval 70-74. Diketahui dari perhitungan statistik inferensial, dimana terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa pada penggunaan media charta (X) terhadap hasil belajar (Y) di MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang. Hal ini bisa terlihat pada koefisien rxy = 0,348 > rt untuk taraf signifikansi 5% adalah 0,325. Karena rxy > rt, maka hasilnya signifikan sedangkan untuk F(reg) sebesar = 5,12 dengan perbandingan 5% = 4,10. Maka F(reg) Signifikan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan dengan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi guru dan siswa di sekolah MTs. NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorNurkhasanah, NurkhasanahNIDN2013117503
Thesis advisorWahid, AbdulNIDN2014116902
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Pembelajaran Biologi; Media Charta; Fotosintesis; Biologi SMP; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:38
Last Modified: 02 Jul 2020 07:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item